Pesan Jusuf Kalla Untuk Ma'ruf Amin: Tugas Wapres Enggak Mudah

Senin, 21 Oktober 2019 09:45 Reporter : Dwi Aditya Putra
Pesan Jusuf Kalla Untuk Ma'ruf Amin: Tugas Wapres Enggak Mudah Cawapres Maruf Amin Mengenakan Jas Abu-abu. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) periode 2014-2019 menyerahkan memori jabatan kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Wakil Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10). Dalam sambutannya, JK sempat mengenang ketika lima tahun berada di posisi yang ditempati Ma'ruf Amin.

"Tepat lima tahun lalu saya berdiri di posisi ini menerima memori jabatan dari Pak Budiono. Sekarang hari ini saya memberikan jabatan ke bapak. Itu tanda bahwa suatu pemerintahan itu berkelanjutan," kata JK, dalam sambutannya.

Kepada Ma'ruf, JK berpesan sebagai Wakil Presiden yang baru paling tidak dapat mengetahui apa yang akan dikerjakan selanjutnya. Apa yang belum selesai selama lima tahun kemarin dapat dijadikan renungan bersama dan apabila ada yang kurang baik, sebaiknya tidak dikerjakan.

"Itu prinsip pokok. Di wapres gak ada serah terima karena berkelanjutan. Sejak sumpah ada penyelesaian konstitusi," kata JK.

JK juga menyampaikan tugas sebagai Wakil Presiden bukan lah perkara mudah. Karena segala sesuatu keputusan diambil di dalam rapat. Kekuatan rapat menjadi penting dikarenakan adanya sebuah keputusan presiden melalui peraturan presiden.

"Tugas wapres memang enggak mudah karena kekuatan kita hanya rapat, hasil rapat. Itu karena kalau presiden ada perpres (peraturan presiden), menteri ada kepmen (keputusan menteri), tidak ada kepwapres (keputusan wakil presiden)," jelas dia.

"Yang ada adalah suatu cara membantu presiden dan juga gimana kekuatan itu hasil rapat, notulen rapat. Juga memang cara kepemimpinan pak Jokowi itu kolegial, kolektif, artinya keputusan diambil dalam rapat," tambah dia.

Terakhir JK berharap seluruh staf hingga sekretariat wakil presiden saling bahu-membahu membantu Ma'ruf Amin untuk menjalankan tugas-tugas barunya. Sebab, kesuksesan seorang Wakil Presiden tentu sangat membantu Presiden khususnya untuk kemajuan bersama. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini