Pesan Jokowi ke Korban Gempa Cianjur: Bantuan untuk Perbaiki Rumah, Jangan Beli Motor

Kamis, 8 Desember 2022 11:33 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Pesan Jokowi ke Korban Gempa Cianjur: Bantuan untuk Perbaiki Rumah, Jangan Beli Motor Wagub Jabar Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Desa Terdampak Gempa Bumi di Cianjur. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan uang untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Bantuan uang itu diserahkan Jokowi kepada korban terdampak gempa yang rumahnya rusak berat, sedang dan ringan.

"Tadi malam saya hitung-hitung lagi. Tadi pagi saya sudah juga menyampaikan ke Menkeu, ada uang atau tidak. Ternyata ada sedikit. Sehingga saya putuskan, yang 50 akan menjadi 60 juta (rusak berat). Yang 25 akan 30 juta (rusak sedang), yang 10 akan menjadi 15 juta (rusak ringan)," kata Jokowi di Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12).

Jokowi berpesan, uang yang diberikan betul-betul digunakan untuk perbaikan rumah. Dia berkata, pemberian uang itu diberikan secara bertahap agar masyarakat memanfaatkannya dengan baik.

"Pengalaman kita di provinsi lain, diberikan semua diambil semua, tidak jadi barang tidak jadi rumah. Ada yang justru jadi sepeda motor. Oleh sebab itu jangan kejadian itu di Cugenang, di Cianjur," ujarnya.

"Uang yang sudah diberikan agar seratus persen dipakai untuk perbaikan rumah yang kita miliki. Setuju? Sehingga pengambilannya bertahap," tambahnya.

2 dari 2 halaman

Misalnya, kata Jokowi, sebagian uang di ambil untuk membeli material bangunan. Berikutnya, uang ditarik lagi untuk keperluan lainnya. Jokowi akan memantau betul penggunaan uang bantuan itu.

"Yanv pertama berapa pak, 40 persen diambil. Berarti kalau 60 juta diambil dulu Rp 24 juta. Atau kecil-kecil juga gapapa, Rp 5 juta dulu ambil belikan bahan, Rp 5 juta lagi belikan bahan. Jangan diambil langsung juga Rp 24 juta. Nanti bisa jadi sepeda motor," ucapnya.

"Hati-hati. Ini saya ikuti lagi, saya ke Cianjur ini sudah empat kali. Dan akan saya ikuti terus agar betul-betul yang kita inginkan jadi rumah," jelas Jokowi.

Baca juga:
Intip Layanan Kesehatan Pertamedika untuk Korban Gempa Cianjur
Momen Haru Prabowo Dipeluk Korban Gempa Cianjur saat Kunjungi Posko Pengungsi
Melihat Anak-anak Korban Gempa Cianjur Sekolah di Tenda Darurat, Tampak Antusias
Truk Bantuan Gempa Cianjur Terguling di Cipatat, Sopir Ungkap Kronologinya
Buat Surat Edaran, MUI Jabar Tegaskan Bencana Bukan Azab Tuhan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini