Pesan Alexander Marwata ke 57 Pegawai Dipecat: Banyak Ladang Pengabdian di Luar KPK

Rabu, 15 September 2021 18:16 Reporter : Bachtiarudin Alam
Pesan Alexander Marwata ke 57 Pegawai Dipecat: Banyak Ladang Pengabdian di Luar KPK Alexander Marwata. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera memecat ke-57 pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat tes wawasan kebangsaan (TWK) pada 30 September 2021 mendatang. Para pegawai terdiri dari 51 orang yang mendapat rapor merah dalam TWK, sementara 6 lainnya pegawai yang tak bersedia mengikuti diklat bela negara.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata, menyampaikan ucapan terima kasih atas dedikasi 57 pegawai kepada KPK selama menjalani tugas.

"KPK menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa dan dedikasinya kepada segenap pegawai (yang diberhentikan) semoga dedikasi dan amal perbuatannya selama di KPK menjadi bagian dari amal sholeh dan jasa bagi bangsa dan negara," kata Alex saat jumpa pers seperti dikutip dalam chanel Youtube KPK, Rabu (15/9).

Alex berpesan kepada para pegawai tidak berkecil hati. Menurutya, masih banyak ladang pengabdian di luar KPK dalam rangka pemberantasan korupsi.

Dia juga meminta ke-57 pegawai memegang teguh nilai-nilai antikorupsi meski tidak lagi bekerja di KPK.

"Banyak ladang pengabdian yang layak di luar KPK dalam pemberantasan korupsi, dan kami percaya pegawai KPK yang sudah diberhentikan tidak akan meninggalkan nilai-nilai integritas selama bekerja di KPK, yang akan diberikan dan berkontribusi terhadap ladang pengabdian mereka yang baru," tuturnya.

Sedangkan terkait pelaksanaan TWK, Alex menjelaskan bahwaseluruh pegawai telah diberikan kesempatan yang sama untuk menjalani seluruh tahapan proses peralihan status menjadi aparatur sipil negara (ASN).

"Namun karena hasil asesmen tes wawasan kebangsaan yang dimaksud dinyatakan tidak," jata Alex.

Perlu diketahui jika dalam pelaksanaan proses peralihan status pegawai KPK menjadi ASN yang berlangsung 18 Maret sampai dengan 9 April tahun 2021. Setidaknya dari total 1.351 pegawai, terdapat 1.274 pegawai yang dinyatakan lulus, lalu terdapat 75 pegawai yang tidak memenuhi syarat tes wawasan kebangsaan (TMS-TWK).

Perlu diketahui jika dalam pelaksanaan proses peralihan status pegawai KPK menjadi ASN yang berlangsung 18 Maret sampai dengan 9 April tahun 2021. Setidaknya dari total 1.351 pegawai, terdapat 1.274 pegawai yang dinyatakan lulus.

Sedangkan terdapat sisa sebanyak 8 pegawai yang tidak bisa menghadiri pelaksanaan TWK dengan alasan sedang melaksanakan tugas belajar di luar negeri 3 orang; pensiun 1 orang; mengundurkan diri 2 orang; diberhentikan 1 orang; dan tanpa keterangan 1 orang.

Kemudian untuk 75 pegawai yang tidak memenuhi syarat tes wawasan kebangsaan (TMS-TWK). Terdapat 18 orang yang telah mengikuti diklat bela negara dan akan dilantik sebagai pegawai KPK. Sedangkan 57 pegawai sisanya bakal dipecat pada 30 September 2021, nanti. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini