Perwakilan kerajaan di Nusantara titip wejangan buat Paku Alam X

Kamis, 7 Januari 2016 13:34 Reporter : Kresna
Perwakilan kerajaan di Nusantara titip wejangan buat Paku Alam X Jumeneng Dalem Paku Alam X. ©2016 merdeka.com/kresna

Merdeka.com - Perwakilan dari kerajaan-kerajaan di Nusantara, di antaranya Kasepuhan Cirebon dan Puri Karangasem Bali, hadir dalam acara Jumeneng Dalem Paku Alam X. Mereka menitipkan pesan supaya Pura Pakualaman tetap menjaga tradisi diwariskan leluhur.

Perwakilan Kasepuhan Cirebon, Sultan Sepuh ke-14 mengatakan, Yogyakarta merupakan salah satu kerajaan sampai sekarang masih eksis. Karena itu dia berharap Pura Pakualaman bisa melanjutkan tradisi selama ini dijaga.

"Saya mengusulkan, Yogyakarta ini kan keraton yang besar, juga turut membantu memelihara kebudayaan keraton lainnya," kata Sultan Sepuh, Kamis (7/1).

Sultan Sepuh juga mengingatkan kebudayaan diwariskan merupakan jati diri bangsa Indonesia.

"Jangan sampai luntur. Harus tetap dijaga," tandasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Agung Harya Mataram, perwakilan dari Puri Agung Karangasem, Bali. Menurut dia, Yogyakarta memiliki potensi besar buat berkembang seperti Bali.

"Bali dan Yogyakarta ini banyak kesamaan. Dari kebudayaannya yang kuat hingga potensi pariwisata. Saya kira ini bisa dikembangkan," kata Agung.

Agung pun berpesan supaya Paku Alam X tidak menyalahgunakan tanah buat pembangunan hotel. Menurutnya pariwisata bisa berkembang jika bisa melestarikan kebudayaan.

"Kami mengimbau agar tetap dilestarikan kebudayaan ini, karena ini adalah ikonnya," ujar Agung. [ary]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini