Perumahan dosen IKIP Bekasi terendam banjir setinggi setengah meter

Rabu, 4 April 2018 09:56 Reporter : Adi Nugroho
Perumahan dosen IKIP Bekasi terendam banjir setinggi setengah meter Banjir di Bekasi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Hujan deras yang mengguyur Kota Bekasi, Jawa Barat membuat sejumlah permukiman di wilayah setempat banjir. Ketinggian banjir bervariasi mulai dari 20 cm hingga setengah meter.

Wakil Satgas BPBD Kota Bekasi, Karsono menyebutkan, sedikitnya ada tiga permukiman kebanjiran. Di antaranya Perumahan Dosen IKIP, Kecamatan Jatiasih dengan ketinggian hingga setengah meter. Sampai saat ini, kata dia, banjir di perumahan tersebut belum surut.

"Tidak ada yang mengungsi, genangan cenderung terjadi di jalan. Tapi, kami tetap siaga," katanya kepada merdeka.com, Rabu (4/4).

Ia mengatakan, untuk mengurangi genangan di perumahan tersebut, pihaknya memaksimal pompa air yang terpasang. Menurut dia, perumahan itu menjadi langganan banjir karena letaknya berada di cekungan, elevasi perumahan lebih rendah ketimbang saluran yang ada.

"Di Jatibening Permai RT 01 RW 11 ketinggian air mencapai 50-60 cm," katanya.

Hingga pukul 07.00 WIB, kata dia, air belum surut. Ini disebabkan mesin pompa mati. Petugas di lapangan berusaha memperbaiki pompa tersebut untuk mengalirkan air yang menggenangi perumahan ke saluran.

"Banjir di wilayah RT 03 RW 02 Kelurahan Bojongmenteng, Rawalumbu dengan ketinggian 20-30 cm," kata dia.

Menurut dia, penyebab utama banjir di sana karena air tidak dapat mengalir lantaran saluran airnya yang mengarah ke saluran air utama terlalu kecil, sehingga tidak dapat menampung volume air hujan yang terlalu deras.

"Solusinya saluran air yang mengarah ke saluran air utama harus diperbesar terutama di ujung pembuangannya," ujarnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir
  2. Banjir Bekasi
  3. Musim Hujan
  4. Bekasi
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini