Pertemuan Jokowi dengan AHY dan Zulkifli Hasan Ditunda

Selasa, 21 Mei 2019 09:14 Reporter : Merdeka
Pertemuan Jokowi dengan AHY dan Zulkifli Hasan Ditunda jokowi dan ahy bertemu usai pilpres di istana. ©2019 Merdeka.com/lizsa egeham

Merdeka.com - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo atau Jokowi dengan Ketua Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan MPR Zulkifli Hasan ditunda hingga Rabu (22/5) besok. Jokowi awalnya dijadwalkan bertemu AHY dan Zulhas di Istana Merdeka Jakarta, hari ini.

"Iya (pertemuan dengan AHY dan Zulhas) ditunda," ujar Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati saat dihubungi, Selasa (21/5).

Adita menjelaskan pertemuan tersebut terpaksa ditunda lantaran ada pertimbangan, usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil Pemilu yang lebih cepat dari jadwal.

"Ada pertimbangan lain terkait hasil pemilu yang diumumkan lebih cepat," katanya.

Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinad Hutahaean membenarkan bahwa pertemuan AHY dan Jokowi tersebut batal digelar hari.

Menurut dia, pertemuan tersebut ditunda karena Jokowi memiliki agenda yang harus dilakukan pasca pengumuman hasil Pilpres oleh KPU pada Selasa dini hari. Ferdinand mengatakan pertemuan Jokowi dan AHY dijadwalkan kembali menjadi Rabu besok.

"Pertemuan tersebut ditunda karena hari ini Presiden punya agenda yang harus dilaksanakan pasca pengumuman KPU tadi malam. Maka pertemuan dijadwal ulang rencananya besok," ujar Ferdinand saat dikonfirmasi, Selasa (21/5/2019).

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan perolehan suara Pilpres 2019 dari 34 provinsi dan 130 PPLN, yakni pasangan 01 Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 suara atau 55,50 persen. Sementara pasangan 02 Prabowo-Sandiaga memperoleh 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Jokowi sebelumnya telah bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.
Jokowi dan AHY bertemu di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis sore, 2 Mei 2019. Pertemuan yang dilakukan secara tertutup dan hanya empat mata itu berlangsung selama 30 menit.

Jokowi juga beberapa kali bertemu dengan Zulkifli Hasan. Jokowi dan Zulhas bertemu usai pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku di Istana Negara Jakarta, pada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Rabu 24 April 2019.

Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi tak sendiri dalam pertemuan itu, ia ditemani Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Jokowi juga mengundang Zulhas dalam acara buka bersama dengan para pimpinan lembaga di Istana Negara Jakarta pada Senin 6 Mei 2019. Selang beberapa hari kemudian, Zulhas pun mengundang mantan Wali Kota Solo itu untuk berbuka puasa bersama di rumah dinasnya.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini