Peroleh hasil buruk di SEA Games 2017, sistem pembinaan atlet RI harus dibenahi

Kamis, 31 Agustus 2017 18:28 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Peroleh hasil buruk di SEA Games 2017, sistem pembinaan atlet RI harus dibenahi Sea Games 2017. ©kualalumpur2017.com.my

Merdeka.com - Indonesia yang mengirimkan 534 atletnya dalam ajang olahraga Sea Games ke-29 tahun 2017 di Malaysia tak mampu memperoleh medali yang banyak. Indonesia hanya mampu finish diurutan lima dengan 191 medali.

Untuk rincian yang telah diperoleh oleh para atlet Indonesia, bahwa Indonesia hanya mampu meraih 38 medali emas, 63 medali perak, dan 90 medali perunggu. Hal itu menjadi catatan terburuk di dalam sejarah Indonesia atas keikutsertaan di ajang olahraga SEA Games.

Plt Deputi V Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) I Nyoman Shuida menyatakan, pemerintah bersama stakeholder harus ikut berbenah diri.

"Sistem pembinaan atlet kita harus dibenahi. Harus ada evaluasi menyeluruh, dan dibutuhkan komitmen kuat baik dari pemerintah mau pun stakeholder untuk menjadikan olahraga sebagai progam strategis," kata Nyoman dalam keterangan tertulis, Kamis (31/8).

Namun demikian, I Nyoman Shuida menyatakan, bahwa hal ini tidak menyurutkan rasa hormat dan bangga kepada atlet-atlet Indonesia. Namun, dia mengingatkan, perlu ada evaluasi demi kemajuan olahraga Indonesia.

"Seluruh atlet dan panitia yang tergabung dalam kontingen Indonesia sudah bekerja dengan sangat keras untuk mengharumkan nama bangsa. Perjuangan mereka nyata dan membanggakan. Namun tentu evaluasi perlu, kita kan selalu ingin bergerak maju," kata dia.

SEA Games 2017 yang dilaksanakan di Malaysia ini memang dijadikan salah satu tolak ukur untuk Asian Games 2018. Indonesia yang menjadi tuan rumah untuk ajang kompetisi olahraga se-Asia tersebut telah melakukan persiapan-persiapan dari segi infrastruktur, dan telah melakukan peluncuran hitung mundur menuju Asian Games 2018. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Sea Games 2017
  3. Jakarta
  4. Olahraga
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini