Pernikahan di Sumut Turun Selama Pandemi Covid-19

Kamis, 27 Agustus 2020 15:07 Reporter : Yan Muhardiansyah
Pernikahan di Sumut Turun Selama Pandemi Covid-19 buku nikah. ©wordpress.com

Merdeka.com - Jumlah pernikahan berdasarkan agama Islam di Sumatera Utara (Sumut) mengalami penurunan tajam pada 2020. Kondisi ini diperkirakan dipicu pandemi Covid-19.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam (Urais) Kanwil Kemenag Sumut, Syafii, memaparkan hingga akhir Juli 2020, mereka baru mencatat 43.414 peristiwa pernikahan di daerah ini.

"Dari data yang kita terima, angka pernikahan di masa pandemi ini ada semacam penurunan, karena pada periode yang sama tahun 2019 tercatat sekitar 60 ribu pernikahan," ucap Syafii, Kamis (28/8).

Penurunan jumlah pernikahan ini diduga juga dipengaruhi sejumlah faktor, termasuk kebijakan pemerintah yang sempat melarang kegiatan yang mengumpulkan orang banyak. Masyarakat juga berhati-hati untuk mengadakan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak seperti pernikahan.

"Ada juga sebagian masyarakat yang menunggu untuk melaksanakan pernikahan atau walimatul ursy usai pandemi. Itulah makanya agak menurun angka pernikahan periode ini dibanding tahun sebelumnya," beber Syafii.

Baca Selanjutnya: Dia memaparkan pemerintah melalui Kementerian...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini