Pernah Positif Covid-19, Wali Kota Depok M Idris Tidak Ikut Divaksinasi 14 Januari

Selasa, 12 Januari 2021 17:01 Reporter : Nur Fauziah
Pernah Positif Covid-19, Wali Kota Depok M Idris Tidak Ikut Divaksinasi 14 Januari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bertemu Wali kota Depok Idris Abdul Shomad. ©2019 Merdeka.com/Nur Fauziah

Merdeka.com - Wali Kota Depok Mohammad Idris dipastikan tidak akan divaksinasi pada tahap awal. Alasannya, Idris tak lolos screening awal calon penerima vaksin karena pernah tertular Covid-19 beberapa bulan lalu.

Menurut rencana, pemberian vaksin pertama di Depok dilakukan pada Kamis (14/1) di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok.

"Tadi saya baca dari kementerian, juga begitu saya konfirmasi memang demikian itu syarat utama untuk bisa langsung di screening dengan 16 pertanyaan. Pertama, masalah tensi, penyakit komorbid yang tidak terkontrol ini ditanya semua," kata Idris ketika melakukan pemantauan persiapan vaksinasi di RSUI, Selasa (11/1).

"Pertanyaan pertama itu bapak pernah terkonfirmasi positif Covid-19 enggak, gitu itu pertanyaan pertama dari 16 itu, kalau (pertanyaan) 1 bilang iya, ya berarti keluar, berarti tidak dapat vaksin," tuturnya.

Sebelum vaksinasi dilakukan, Idris ingin memastikan semua kelengkapan pendukung sudah siap. Sehingga ketika hari pelaksanaan bisa dilakukan dengan baik.

"Jadi ini sebenarnya mengonfirmasi persiapan titik pelaksanaan yang kita rencanakan launching di tempat ini nanti pada hari Kamis. Tapi tergantung besok ini Pak Presiden, kalau enggak mundur berarti ya kita Kamis, kalau beliau mundur sebelum Pak Presiden launching kita belum launching," tukasnya.

Saat ini Idris masih menunggu arahan dari pemerintah pusat terlebih dulu. Untuk tahap awal, yang akan divaksinasi adalah mereka yang sering interaksi dengan masyarakat mulai dari tenaga kesehatan, TNI-Polri dan juga satgas.

"Kemudian juga komunitas-komunitas sosial keagamaan yang sering berkomunikasi dengan masyarakat misalnya teman-teman dari gereja, majelis taklim, majelis ulama dan komunitas komunitas di antaranya wartawan. Untuk hari Kamis dari aparat sementara ya, untuk launching aja ni 10, dari nakes 200-an, dan juga dari komunitas datanya belum semuanya terkonfirmasi," ungkapnya.

Idris menyebut, lokasi vaksin untuk tahap awal adalah di RSUI. Selanjutnya akan ada di tempat lain di RS swasta yang ditunjuk pihaknya dan juga puskesmas.

"Tempat tempat yang lain beberapa RS swasta yang kita tunjuk dan juga puskesmas. Tinggal nunggu vaksin. SDM dan tempat sudah disiapkan untuk bisa melayani vaksinasi ini," tutupnya.

Baca Selanjutnya: 11140 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Vaksin Covid 19
  3. Vaksin Corona
  4. Depok
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini