Perlawanan FPI ke Ahok dari meja hijau

Kamis, 22 Januari 2015 08:28 Reporter : Ya'cob Billiocta
Perlawanan FPI ke Ahok dari meja hijau Habib Rizieq dan FPI demo Ahok. ©2014 Merdeka.com/Agil

Merdeka.com - 18 Anggota FPI yang menjadi tersangka, termasuk Habib Sihabuddin H Anggawi dan Habib Novel Bamukmin dalam kerusuhan demo menentang pengangkatan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi gubernur beberapa waktu lalu, mulai disidang di PN Jakarta Pusat, Rabu (21/1). Jaksa Penuntut Umum menyatakan Sihabuddin melakukan upaya memprovokasi massa FPI.

Menurut JPU, Sihabuddin sengaja mengeluarkan perkataan kasar seperti untuk memancing emosi massa FPI. "Cari Ahok sampai ketemu, bunuh Ahok," ujar JPU Sugi Carvalo membacakan dakwaan di PN Jakarta Pusat, Rabu (21/1).

Sugi melanjutkan, Sihabuddin juga memerintahkan kepada massa untuk melakukan perlawanan terhadap aparat yang mencoba menghalangi upaya mereka. Massa pun terhasut dengan perkataan tersebut.

Mendengar dakwaan tersebut, FPI tidak tinggal diam. Para tersangka tetap memberikan perlawanan kepada Ahok.

Berikut ulasannya perlawanan FPI di pengadilan seperti dirangkum merdeka.com:

1 dari 3 halaman

Ingin Ahok dihadirkan di persidangan

FPI demo Ahok. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Terdakwa kasus kericuhan di depan DPRD DKI yang merupakan anggota FPI, Habib Shabudin Anggawi dan Novel Bamukmin mengajukan eksepsi atau penolakan secara lisan terhadap dakwaan jaksa. Dalam eksepsi tersebut, keduanya meminta Majelis Hakim untuk menghadirkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam persidangan sebagai saksi.

"Kami mohonkan kalau menyangkut masalah saksi, kami inginkan Ahok hadir di sini," ujar Shabudin dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (21/1).

Tetapi, eksepsi tersebut ditolak oleh majelis hakim yang dipimpin Wiwi Suhartono. Hal ini lantaran kedua terdakwa mengajukan eksepsi secara lisan.

Hakim Wiwi kemudian menutup sidang perdana ini. Sidang akan dilanjutkan pekan depan.

2 dari 3 halaman

Habib Shabudin tuding Ahok sumber masalah

FPI demo Ahok. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Shabudin menuding Ahok merupakan sumber dari masalah yang terjadi pada 3 Oktober 2014 yang lalu. Sehingga dia menilai kehadiran Ahok sangat penting dalam persidangan selanjutnya.

"(Ahok) sumber masalah ini," kata dia.

JPU mendakwa terdakwa dengan Pasal 160 juncto Pasal 55 KUHP tentang penghasutan dengan ancaman kurungan selama 6 tahun. Selain itu, JPU juga mendakwa dengan Pasal 214 KUHP tentang perbuatan melawan petugas sebagai dakwaan sekunder.

3 dari 3 halaman

Habib Novel: Penyebab masalah ini adalah provokasi Ahok

FPI demo Ahok. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Habib Novel menuding Ahok berada di balik kerusuhan demo di depan DPRD beberapa waktu lalu. Dia pun meminta Ahok untuk dihadirkan di persidangan berikutnya.

"Penyebab permasalahan ini adalah provokasi Ahok," kata Habib Novel sebelum masuk ke ruang sidang.

100 Polisi gabungan dari Kepolisian Resor Jakarta Pusat dan Kepolisian Sektor Gambir, menjaga ketat persidangan. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini