Perkuat Pertahanan RI, Prabowo Temui Menhan Prancis di Paris

Selasa, 14 Januari 2020 09:33 Reporter : Merdeka
Perkuat Pertahanan RI, Prabowo Temui Menhan Prancis di Paris Prabowo Bertemu Menhan Prancis. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, bertolak ke Paris dalam agenda bilateral bersama Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly. Dalam pertemuan ini, Menhan Prabowo berbincang terkait upaya penguatan dan keinginannya memajukan industri pertahanan Indonesia.

"Saya mencatat bahwa sebagai dua mitra strategis, Indonesia-Prancis selama ini memiliki kerja sama pertahanan yang baik. Indonesia ingin terus tingkatkan kerja sama pertahanan, khususnya di bidang yang dapat perkuat alutsista TNI dan memajukan industri pertahanan Indonesia," ujar Prabowo lewat siaran pers diterima, Selasa (14/1).

Selama di Prancis, Prabowo juga melakukan serangkaian pertemuan dengan perusahaan industri pertahanan di bidang pesawat tempur, kapal, radar dan sistem avionic, serta amunisi.

Prabowo berharap pelaku industri pertahanan di Prancis dapat bekerja sama dalam mengakselerasi kemajuan industri pertahanan di Indonesia. Serta penguatan sistem alutsista TNI melalui transfer teknologi, peningkatan penggunaan kandungan lokal dan juga peningkatan kapasitas SDM.

"Indonesia siap berkolaborasi dan bekerja sama dengan perusahaan industri Prancis agar dapat menjadikan industri pertahanan Indonesia menjadi bagian dari global production chain produk alutsista," kata Prabowo.

1 dari 1 halaman

Terus Menguat

Menurut catatan dirilis KBRI Paris, kerja sama pertahanan Indonesia dan Prancis terus menguat. Pada tahun 2017, kedua negara menyepakati Letter of Intent (LoI) atau Pernyataan Kehendak untuk peningkatan kerja sama pertahanan termasuk kerja sama kelautan dan keamanan maritim.

"Sejak tahun 2013, Indonesia dan Prancis telah memiliki forum Dialog Pertahanan Indonesia-Prancis (Indonesia-France Defense Dialogue/IFDD) yang diselenggarakan setiap tahun. Melalui Dialog tersebut, fokus area kerja sama dan pembahasan meliputi bidang seperti pelatihan dan pendidikan, saling kunjung, dan counter-terorism," terang Dubes Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha Nasir dalam keterangan tertulisnya.

Arrmanatha melanjutkan, kunjungan Menhan Prabowo ke Prancis dilakukan pada 11-13 Januari Januari 2020 dan didampingi oleh Asisten Khusus Menhan, Ketua KKIP, Asops Kasau dan Danseskoal TNI. Kunjungan ini merupakan pertemuan pertama tingkat tinggi yang mengawali rangkaian kegiatan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara khususnya di bidang pertahanan.

"Langkah ini akan mendukung upaya menjadikan industri pertahanan nasional sebagai bagian dari global production chain. Dalam konteks inilah Menhan RI memberi perhatian khusus pada pengembangan industri pertahanan," Arrmanatha menandasi.

Reporter: Muhammad Radityo
Sumber: Liputan6.com [eko]

Baca juga:
Prabowo Mau Bangun Pangkalan Militer di Natuna
Prabowo: China Harus Izin Kalau Mau Eksploitasi Ikan dan Mineral di Natuna
Menko Airlangga Belum Bisa Pastikan Dampak Investasi China ke Indonesia
Kemarin Lunak, Kini Menko Luhut Tegas Soal Kedaulatan Negara di Natuna
Gerindra Sebut Menhan Prabowo Sudah Tegas dengan Kirim TNI ke Natuna

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini