Perkuat Persaudaraan, Sikapi Perbedaan dengan Bijak

Minggu, 2 Agustus 2020 14:10 Reporter : Didi Syafirdi
Perkuat Persaudaraan, Sikapi Perbedaan dengan Bijak parade bhineka tunggal ika. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Persoalan solidaritas keagamaan sering menjadi sangat sempit dan melupakan persaudaraan kebangsaan. Hal ini ditakutkan bisa memicu konflik seperti di luar negeri yang tentunya tidak diharapkan terjadi ke Indonesia.

Ketua Ikatan Dai (Ikadi) bidang Organisasi Baharuddin Husin mengatakan persoalan-persoalan di masyarakat sebenarnya mudah diselesaikan ketika ada kebersamaan. Perbedaan yang ada, lanjutnya, jika disikapi secara arif akan menciptakan keserasian antar-masyarakat.

"Pancasila ini juga hasil dari rembukan sangat luar biasa yang dinaungi oleh Ketuhanan Yang Maha Esa. Yang mana empat sila berikutnya di bawah naungan itu semua," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (8/2).

Menurutnya, dalam kehidupan tanpa adanya kerukunan, persaudaraan maupun solidaritas baik itu keagamaan dan kebangsaan seluruhnya akan sengsara. Untuk itu dia mengingatkan agar persaudaraan terus ditingkatkan.

"Saya rasa hal seperti ini perlu disampaikan dalam semua acara-acara kita sehingga akan terwujud suatu bangsa yang kuat, bangsa yang saling tolong menolong, bukan bangsa yang saling merusak antar-sesama umat," ujarnya.

Baharuddin juga merespons ide Badan Nasional Penaggulangan Terorisme (BNPT) memunculkan ide gugus tugas 20 ormas lintas keagamaan yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Keagamaan (LPOK) dan juga 14 ormas Islam yang tergabung dalam Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI).

"Tentunya ini hal yang sangat luar biasa. Kalau hal ini bisa dikembangkan dengan baik ke depan, tentunya masalah terorisme, radikalisme dan sebagainya ini akan mudah teratasi,” ujarnya.

Dia menambahkan negara hanya bertugas mencari solusi terhadap permasalahan yang terjadi. Karena, menurutnya ketidakadilan, kemudian kemiskinan dan sebagainya adalah negara yang bertanggung jawab untuk mengatasinya.

"Semakin erat kerjasama, saling bersama-sama dapat mengatasi persoalan bangsa negara ini ke depan," tandasnya. [did]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pancasila
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini