Perkuat Kerjasama, Kabaharkam Polri Harap ICITAP Bantu Perangkat Integrasi Data

Jumat, 14 Februari 2020 14:13 Reporter : Merdeka
Perkuat Kerjasama, Kabaharkam Polri Harap ICITAP Bantu Perangkat Integrasi Data Kabaharkam Polri dan ICITAP. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri dan The International Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) AS sepakat memperkuat hubungan kerja sama yang selama ini telah dibangun agar lebih intensif lagi. Kesepakatan dicapai dalam pertemuan yang digelar Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto dengan pimpinan ICITAP untuk Indonesia, di Ruang Kerja Kabaharkam Polri, Mabes Polri, Jakarta, kemarin.

Komjen Pol Agus Andrianto mengatakan, pihaknya fokus mendukung program pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk masyarakat pesisir. Sebab, jika masyarakat sejahtera, maka kejahatan akan turun.

"Kekayaan negara bocor pasti lewat pesisir dan banyak kejahatan masuk juga lewat pesisir sehingga kita akan perkuat masyarakat pesisir," kata Komjen Pol Agus Andrianto, dalam keterangannya, Jumat (14/2).

1 dari 2 halaman

Karenanya, dia menyatakan, untuk mendukung hal itu dan dalam rangka memonitor kegiatan operasional jajaran, Baharkam Polri telah membangun 'Command Center'. Namun sayang, pusat kendali operasional ini masih kekurangan perangkat integrasi data.

Oleh karena itu, dia berharap ICITAP dapat membantu melengkapi perangkat integrasi data yang dibutuhkan Command Center Baharkam Polri.

Diketahui, Pimpinan ICITAP untuk Indonesia yang hadir antara lain; Direktur John Gollogly, Kepala Operasi John Ruffcorn, dan Koordinator Proyek Mara Katoppo dan Arief Budiyasa.

2 dari 2 halaman

ICITAP merupakan lembaga di bawah Departemen Kehakiman Amerika Serikat yang menawarkan program bantuan pelatihan investigasi kriminal lewat kerja sama dengan berbagai negara, yang kemudian berkembang menjadi lembaga yang membina stabilitas internasional dan peraturan hukum.

Sebelumnya Baharkam Polri dan ICITAP telah mengadakan berbagai kerja sama, salah satunya adalah proyek Information Fusion Center (IFC) di Ditpolair Kepulauan Riau. IFC ini diharapkan dapat mendukung Polda Kepri dalam menindaklanjuti persetujuan kerja sama dalam bidang informasi dan pengawasan operasi kapal-kapal. [dan]

Baca juga:
Kepuasaan Publik Terhadap TNI dan Polri Teratas, DPR Hingga Parpol Terbawah
Polri soal Harun Masiku: Masih Kami Cari
Kapolri Idham Azis: Pengelolaan SIM, STNK dan BPKB Tetap di Tangan Polri
Bareskrim Polri Sita 15 Ton Kuning Telur Beku Asal India
Kapolri Idham Azis: Saya Mau Hak Prajurit sampai ke Anggotanya
Wakapolri Minta Satgas Anti Mafia Bola Jilid 3 Berantas Perusak Sepakbola

Topik berita Terkait:
  1. Polri
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini