Perjalanan Kasus Sidang Vanessa Angel Sampai Dihukum 5 Bulan Penjara

Kamis, 27 Juni 2019 06:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Perjalanan Kasus Sidang Vanessa Angel Sampai Dihukum 5 Bulan Penjara Vanessa Angel Menjalani Sidang Lanjutan. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Artis Vanessa Angel divonis 5 bulan penjara oleh Majelis hakim Pengadilan Negeri Surabaya. Ia divonis bersalah dalam kasus pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) terkait penyebaran konten asusila.

Selama persidangan, Vanessa menghadapi beragam situasi. Berikut perjalanan sidang Vanessa Angel hingga divonis bersalah oleh hakim:

1 dari 6 halaman

Tarif Vanessa Angel yang Fantastis

Pada 5 Januari 2019, polisi menangkap 2 orang artis yang diduga terlibat, Vanessa Angel dan Avriellia Shaqqila. Keduanya diringkus bersama sejumlah orang di salah satu hotel di Surabaya.

Artis VA diduga Vanessa Angel membanderol harga Rp 80 juta buat sekali kencan. Vanessa dan Avriella Shaqqila digelandang ke Mapolda Jatim atas kasus prostitusi online, Sabtu (5/1)

Menurut Wadir Reskrimsus Polda Jatim AKBP Arman Asmara, salah satu artis tersebut miliki tarif hingga mencapai 80 juta. "Tarifnya yang satu Rp 80 juta, satunya Rp 25 juta. Kami melakukan penyelidikan selama satu bulan," katanya.

2 dari 6 halaman

"Pemesan" Diduga Pengusaha Kaya

Kasubdit Syber Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Harisandi mengungkap pria yang 'memesan' Vanessa Angel adalah seorang pengusaha. Sayang, Harisandi enggan menyebut nama maupun inisial si pengusaha.

"Dia pengusaha (yang membooking)," tutur Harisandi.

Namun tak lama kemudian, pihak kepolisian membongkar sosok pengusaha tersebut. Diketahui pengusaha itu bernama Rian.

Harissandi menyebutkan, pria tersebut bernama Rian. Ia disebut sebagai pengusaha yang ber KTP Jakarta.

Dia disebut memiliki sejumlah bisnis di Jawa Timur. Salah satunya adalah tambang pasir di kawasan Lumajang. "Dia punya banyak bisnis di Jatim," ujarnya.

Rian diketahui berumur 45 tahun. Meski berumur 45 tahun, pria tersebut diketahui belum berkeluarga alias bujangan.

3 dari 6 halaman

Drama-Drama Selama Sidang

Sudah 6 bulan Vanessa Angel ditahan di Rutan Perempuan Klas IIA Surabaya di Medaeng Sidoarjo. Ia ditahan sejak 30 januari 2019. Selama masa penahanan, Vanessa sering terserang penyakit, salah satunya diare. Bahkan ia harus mendapat perawatan di rumah sakit.

Vanessa juga harus menjalani beberapa sidang. Selama sidang, ada banyak drama. Vanessa nampak tertekan dengan situasi saat itu.

Vanessa pernah marah pada jaksa pengawal tahanan saat menuju ruang sidang. Saat itu, Vanessa yang dikawal ketat, merasa terlalu didorong oleh jaksa pengawal tahanan. "Aduh, jangan didorong dong pak," ujar Vanessa.

Kemudian gelar sayembara cari Rian Subroto. "Ya kita buat sayembara untuk kalangan umum. Kepada siapa saja yang dapat memberitahukan keberadaan Rian secara pasti, maka akan kita berikan hadiah umrah," ujarnya.

Vanessa juga ingin bunuh diri. "Capek dibohongi, capek dizalimi, lebih baik bunuh saja," katanya lirih.

Hingga pertemuan dengan sang ayah setelah sidang. Vanessa langsung menangis tersedu dalam pelukan sang ayah.

Itu adalah pertemuan pertama Vanessa dengan sanga ayah sejak anaknya itu ditangkap dalam kasus prostitusi online. Suasana sempat menjadi haru saat keduanya berpelukan.

4 dari 6 halaman

Awalnya Dituntut 6 Bulan Penjara

Artis Vanessa Angel awalnya dituntut 6 bulan penjara oleh jaksa penuntut umum Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim, Senin (17/6). Ia dianggap terbukti telah menyebarkan konten asusila dalam kasus prostitusi online.

Tuntutan ini dibacakan JPU Sri Rahayu dan Nur Laila dari Kejati Jatim, di Pengadilan Negeri Surabaya. Menurut jaksa, Vanessa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dalam pasal Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat 1 UU RI No. 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP

"Mohon pada majelis hakim agar menjatuhkan pidana pada terdakwa Vanessa Angel dengan pidana selama 6 bulan," kata JPU Sri Rahayu.

5 dari 6 halaman

Vanessa Minta Dibebaskan dari Segala Tuntutan

Artis Vanessa Angel meminta pada hakim untuk membebaskannya dari segala tuntutan karena merasa tak bersalah atas kasus penyebaran konten asusila. Permintaan ini dituangkannya ke dalam pledoi atau pembelaan yang dibacanya pada sidang tertutup di Pengadilan Negeri Surabaya.

Kuasa hukum Vanessa Angel, Milano Lubis usai sidang mengatakan, dalam pledoi tersebut, Vanessa Angel memang minta pada hakim untuk dibebaskan. Tidak hanya itu, Vanessa juga minta agar uang handphone, buku tabungan, dan yang lainnya dikembalikan lagi padanya.

"Kita minta dibebaskan dan seluruh barang-barang yang disita semua dikembalikan. Termasuk uang, HP, buku tabungan, semua minta dikembalikan. Karena tidak ada terbukti pidananya," ungkapnya, Kamis (20/6).

6 dari 6 halaman

Divonis 5 Bulan Penjara

Terbukti bersalah atas kasus penyebaran konten asusila, artis Vanessa Angel divonis lima bulan penjara. Vonis dijatuhkan hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (26/6).

Ketua majelis hakim Dwi Purwadi menyatakan, terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana sebagaimana termaktub dalam pasal pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat 1 UU RI No. 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

"Menjatuhkan pidana selama lima bulan penjara pada terdakwa, dikurangi masa tahanan," ujarnya dalam sidang terbuka untuk umum, Rabu (26/6).

Atas putusan ini, Ketua Majelis Hakim Dwi Purwadi memberikan kesempatan pada terdakwa maupun jaksa untuk menyatakan menerima, menolak dengan mengajukan banding, maupun pikir-pikir dengan tempo 7 hari.

"Terima yang mulia," ujar Vanessa singkat. [has]

Baca juga:
Kecewa Vonis Hakim, Vanessa Angel Menangis Usai Sidang
Terbukti Sebar Konten Asusila, Artis Vanessa Angel Divonis Lima Bulan Penjara
Nasib Vanessa Angel Diputus Hakim Hari ini
Vanessa Angel akan Ajukan Judicial Review UU ITE ke MK
Merasa Tak Bersalah, Vanessa Angel Minta Dibebaskan dari Segala Tuntutan

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini