KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Peringati Hardiknas, SD di Solo melukis foto Ki Hajar Dewantara

Kamis, 2 Mei 2013 12:07 Reporter : Arie Sunaryo
Siswa SD menggambar Ki Hajar Dewantara. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Siswa SD Negeri Nayu 2 Solo, Jawa Tengah, memiliki cara unik untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei ini. Di bawah pohon rindang halaman rumah warga, mereka mengapresiasikan dengan menggambar Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantoro.

"Saya ingin meneladani petuah-petuah dari Ki Hadjar Dewantoro, bagus sekali. Perjuangannya, pengabdiannya semua demi kepentingan bangsa," ujar Defianti, salah satu siswi kepada merdeka.com, Kamis (2/5).

Usai melukis, belasan siswa memamerkan hasil karya mereka kepada mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Solo yang menjadi pembimbingnya, teman-teman dan guru di sekolah.

Selain menggambar, siswa SD itu juga mendapatkan trik dan tips mengerjakan pelajaran matematika dengan kecepatan, gampang, asyik dan menyenangkan dari Kak Sugeng, pembimbingnya. "Banyak siswa yang sudah saya ajari mengerjakan soal matematika dengan kecepatan. Bayangkan hanya dalam waktu setengah jam mereka bisa mengerjakan soal sebanyak 40. Dan tingkat kesalahannya sangat kecil. Rata-rata hanya salah tiga saja," kata Sugeng.

Sementara itu penggagas acara, Mayor Haristanto mengatakan pembelajaran siswa tidak hanya dilakukan di sekolah. Bahkan bisa di mana saja dengan siapa saja. "Seperti halnya kata Ki Hadjar Dewantoro yang mengatakan bawa belajar itu bisa di setiap tempat. Maka momen ini kami gunakan untuk pembelajaran bagi siswa, bahwa belajar itu bisa di mana saja, termasuk di sini sambil tiduran. Kemudian bisa juga belajar apa saja, dan sama siapa saja," ujar Haristanto. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Hari Pendidikan Nasional
  2. Solo

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.