Peringati Hardiknas, ribuan mahasiswa UGM geruduk Balairung

Senin, 2 Mei 2016 11:18 Reporter : Kresna
Peringati Hardiknas, ribuan mahasiswa UGM geruduk Balairung Pesta Rakyat Gajah Mada. ©2016 merdeka.com/kresna

Merdeka.com - Memperingati hari pendidikan nasional yang jatuh pada 2 Mei, ribuan mahasiswa dari berbagai fakultas menggelar aksi demonstrasi bertajuk "Pesta Rakyat Gadjah Mada". Mereka berjalan dari masing-masing fakultas dan berkumpul di gedung Balairung UGM.

Sepanjang jalan mereka menyanyikan lagu yang menyindir pernyataan rektor UGM, Dwikorita Karnawati yang menyebutkan bahwa demo yang mereka gelar hanyalah simulasi.

"Rektor ngomong di radio kalau demo ini hanya simulasi. Ini tidak benar, ini adalah aspirasi kami," teriak salah seorang orator, Senin (2/5).

Sementara itu rektor UGM menegaskan jika demonstrasi yang dibuat oleh mahasiswa ini adalah simulasi. Simulasi ini digelar sebagai cara UGM untuk mendidik mahasiswa supaya kritis.

"Ini semua adalah simulasi, ini cara kita untuk melatih mahasiswa berpolitik praktis, bagaimana memilih isu, menggerakkan masa dan lainnya," ungkapnya.

Bahkan rencananya pada bulan September UGM akan memberlakukan kurikulum yang di dalamnya ada 4 sampai 8 SKS aktivitas bagi aktivis. Di dalamnya meliputi cara mereka berdemontrasi dan lainnya.

"Ini cara kita mendidik. Memang sekarang sedang kita latih dulu sebelum kita terapkan pada September mendatang. Ini bagus, karena mereka tidak sadar kalau ada pembina yang menggerakkan," pungkasnya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini