Periksa 5 Saksi, Polisi Bentuk Tim Khusus Buru Pembunuh Gajah di Aceh Timur

Rabu, 14 Juli 2021 16:55 Reporter : Alfath Asmunda
Periksa 5 Saksi, Polisi Bentuk Tim Khusus Buru Pembunuh Gajah di Aceh Timur Proses nekropsi gajah liar Sumatera yang ditemukan mati di Aceh Timur. ©2021 Merdeka.com/HO-Polres Aceh Timur

Merdeka.com - Polisi membentuk tim khusus untuk memburu pelaku pembunuhan gajah sumatera yang ditemukan mati tanpa kepala di sekitar area Afdeling V PT Bumi Flora, Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur.

Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro mengatakan, tim khusus itu dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Aceh Timur. Mereka akan menggandeng BKSDA Aceh.

"Tim khusus dibentuk agar sesegera mungkin mengungkap pelaku pembunuhan gajah tersebut. Kita menggandeng BKSDA karena berkompeten pada bidang nekropsi, sehingga nanti akan dijadikan alat bukti dalam penyelidikan dan penyidikan," kata Eko, Rabu (14/7).

Setelah nekropsi terhadap bangkai gajah yang ditemukan Minggu (11/7) itu, polisi meminta keterangan dari lima saksi. "Usai dilakukan nekropsi tim BKSDA, polisi juga sudah memeriksa lima orang saksi untuk diambil keterangannya," ujarnya.

Eko menyebut, pihaknya menduga gajah sumatera itu memang sengaja dibunuh pemburu untuk diambil gadingnya. "Hal ini berdasarkan indikasi, pertama dipenggalnya kepala gajah dan indikasi kedua adalah gajah yang mati ini jantan," jelasnya.

Dia menegaskan, polisi berkomitmen untuk mengungkap pelaku perburuan satwa liar dilindungi itu agar bisa diproses sesuai hukum yang berlaku. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini