Perempuan Dinilai Mudah Terserang Hoaks Jika Menyangkut Kehidupan Pribadinya

Rabu, 27 Maret 2019 14:02 Reporter : Merdeka
Perempuan Dinilai Mudah Terserang Hoaks Jika Menyangkut Kehidupan Pribadinya ilustrasi berita hoaks. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Dewan Penasehat Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Anita Wahid mengatakan, kaum perempuan lebih mudah menyebarkan informasi benar. Menurut Anita, secara psikologis perempuan memang mudah dipicu dengan isu-isu yang berkaitan dengan dirinya dan orang-orang terdekatnya.

Dia mengatakan, memang belum ada data yang secara spesifik yang menunjukan perbandingan kerentanan antara laki-laki dan perempuan dalam terserang berita bohong alias hoaks. Namun dia menilai, kaum perempuan cenderung lebih mudah menyebarkan informasi yang bersangkutan dengan kehidupan pribadinya.

"Kaum perempuan lebih cenderung mudah untuk menyebarkan informasi yang mereka percaya benar," kata Anita di Kaum Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/3).

Anita melihat bahwa ada pihak-pihak tertentu yang sengaja menargetkan kaum perempuan sebagai target hoaks demi kepentingan pribadinya. Menurutnya sebagian besar hoaks menargetkan emosi, termasuk emosi pada perempuan. Dia menganggap bahwa kaum perempuan mudah dipicu dengan hoaks-hoaks yang menyangkut kehidupannya dan kehidupan orang terdekatnya.

Hal itu berbeda dengan kaum laki-laki. Menurutnya, kaum laki-laki cenderung lebih mudah dipicu berkenaan dengan isu-isu yang mengancam identitasnya. Dia melihat ada dua sentimen identitas yang mudah dibangkitkan, yakni agama dan kesukuan.

"Secara spesifik hoaks menargetkan emosi. Misalnya hoaks tentang penculikan anak di dalam kategori ini perempuan memang lebih rentan dari laki-laki. Secara naluri memang lebih rentan," kata dia.

Terakhir, dia melihat kerentanan perempuan terhadap hoaks pada isu-isu yang berkenaan dengan kehidupan pribadinya disebabkan naluri alami perempuan untuk melindungi orang-orang terdekatnya.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com [gil]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Hoaks
  3. Berita Hoax
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini