Percepat Vaksinasi Covid-19 di Solo, Pengantar Lansia Dapat Kesempatan Disuntik

Jumat, 4 Juni 2021 18:56 Reporter : Arie Sunaryo
Percepat Vaksinasi Covid-19 di Solo, Pengantar Lansia Dapat Kesempatan Disuntik Gibran tinjau vaksinasi lansia. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pemerintah Kota Solo terus berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Salah satu langkah yang disiapkan yaitu memberi warganya kesempatan mendapatkan suntikan vaksin jika mengantar dua orang lanjut usia (lansia) ke lokasi vaksinasi.

"Kami membuat dua skenario untuk percepatan vaksinasi lansia. Yang pertama dengan menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan tentang percepatan vaksinasi lansia dengan memberikan reward bagi pengantar dua lansia 60 tahun ke atas berupa vaksinasi Covid juga," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Solo Siti Wahyuningsih saat konferensi pers terkait percepatan vaksinasi Covid-19 di Balai Kota Solo, Jumat (4/6).

Pengantar yang akan divaksin, lanjut Siti, harus memenuhi syarat. Mereka di antaranya harus berusia 18 hingga 49 tahun dan ber-KTP Kota Solo. Pengantar bisa keluarga, saudara, atau kader kesehatan.

"Kenapa harus warga ber-KTP Solo, karena kami ingin meningkatkan kekebalan komunitas warga Solo, bukan kekebalan individu," katanya.

Untuk skenario kedua, sambung Siti, vaksin diberikan kepada warga pralansia, usia 50 sampai 60 tahun. Mereka diharapkan bisa datang sendiri ke fasilitas kesehatan (faskes) yang disiapkan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 mulai tanggal 7 Juni hingga 17 Juni.

Seluruh faskes, lanjut dia, telah membuka link dan kontak pendaftaran. Tak hanya itu pendaftaran go show juga dilakukan, namun dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan dan ketersediaan vaksin.

"Tetapi kami juga tetap menerima warga yang mendaftar langsung ke faskes. Vaksinasi lansia kita layani di 39 faskes di Kota Solo," jelasnya

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berharap dengan skenario yang disiapkan itu bisa mempercepat vaksinasi. Dia mempersilakan warga untuk mengantar keluarganya yang sudah lanjut usia ke faskes yang ada.

"Silakan antar kakek atau neneknya untuk divaksin. Saya minta link pendaftaran bisa langsung dibuka. Saya yakin antusiasme masyarakat akan lebih banyak," katanya

Dengan semakin banyaknya warga yang divaksin, dia berharap ekonomi di Kota Solo bisa segera pulih. Pihaknya juga akan me-review perkembangan Covid di Kota Solo setiap dua minggu sekali.

"Perkembangan Covid di Kota Solo akan kita review setiap dua minggu sekali. Pencapaian seperti apa, PPKM seperti apa, apakah masih ada zona oranye, dan kalau masih ada kita hijaukan. Kalau sudah hijau, dijaga tetap hijau. Sehingga Juli nanti anak-anak bisa sekolah dengan aman semuanya," tandasnya.

Untuk pendaftaran vaksinasi lansia bisa dilakukan melalui https://linktr.ee/daftarvaksinsurakarta.

Sementara itu, hingga 3 Juni 2021, pencapaian vaksinasi untuk kelompok lansia sudah mencapai 84,33 persen. Dari target 49.983 orang, terdapat 42.149 lansia yang sudah disuntik vaksin.

Vaksinasi untuk kelompok tenaga kesehatan mencapai 114,34 persen. Dari target sebanyak 10.609 orang, tercapai 12.130 orang. Sementara vaksinasi untuk Kelompok petugas publik tercapai 71.552 orang atau 219,71 persen dari target 32.566 orang. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini