Percepat dan Memperluas Digitalisasi Daerah, Jokowi Bentuk Satgas P2DD

Rabu, 10 Maret 2021 11:58 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Percepat dan Memperluas Digitalisasi Daerah, Jokowi Bentuk Satgas P2DD Presiden Joko Widodo. ©Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD). Hal tersebut tertuang pada Keputusan Presiden Nomor 3/2021. Dalam keputusan tersebut Ketua Satgas P2DD dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Satgas P2DD dibentuk dengan tujuan mempercepat dan memperluas digitalisasi daerah," dalam Kepres tersebut dikutip merdeka.com, Rabu (10/3).

Dalam keanggotaan tersebut terdiri dari Gubernur Bank Indonesia, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Mensesneg, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

"Keanggotaan Gubernur Bank Indonesia dalam Satgas P2DD tidak mengurangi wewenang serta independensi pelaksanaan tugas dan fungsi Bank Indonesia berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," pada pasal 10.

Selanjutnya pelaksanaan diketuai oleh pimpinan tinggi madya yang menangani urusan bidang koordinasi ekonomi makro dan keuangan pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan beranggotakan Pimpinan Tinggi Madya dari kementerian/lembaga anggota Satgas P2DD.

Kemudian keputusan tersebut menjelaskan untuk implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) pemerintah daerah membentuk tim percepatan dan perluasan digitalisasi daerah (TP2DD)provinsi yang dibentuk oleh Gubernur dan TP2DD Kabupaten/Kota ditetapkan Keputusan Bupati/Wali Kota.

Baca juga:
Jokowi Harap Vaksinasi Dapat Melindungi Seniman dan Pekerja Seni dari Covid-19
Kisruh Demokrat, Ibas Percaya Jokowi Punya Hati Nurani untuk Lihat Kebenaran
Jokowi Tinjau Vaksinasi Seniman dan Budayawan, Disajikan Tarian 'Petruk Divaksin'
Soal Rumah Dinasti Politik, Demokrat Yakin Jokowi Junjung Etika dan Moralitas
Bertolak ke DIY dan Jateng, Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Seniman dan Tokoh Agama
Foto di Istana Negara Bareng Presiden Jokowi, Batik Raffi Ahmad Bikin Salah Fokus

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Presiden Jokowi
  3. Jakarta
  4. Joko Widodo
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini