Perbedaan MK dengan pengadilan konstitusi Azerbaijan

Reporter : Baiquni | Senin, 18 Februari 2013 12:19
Perbedaan MK dengan pengadilan konstitusi Azerbaijan
Gedung Mahkamah Konstitusi. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Sebagai lembaga pengadilan konstitusi, Mahkamah Konstitusi (MK) Indonesia dengan Azerbaijan memiliki peran yang sama. Namun demikian, terdapat beberapa perbedaan dalam sistem yang dijalankan masing-masing lembaga.

Cara Irit Pererat Pertemanan dengan Jalan-JalanSalah satunya adalah perbedaan masa jabatan. Hakim konstitusi Indonesia memiliki masa jabatan selama lima tahun dan dapat diperpanjang. Sedangkan masa jabatan hakim konstitusi Azerbaijan selama 15 tahun dan tidak dapat diperpanjang.

"Mereka (hakim konstitusi) dipilih hanya satu kali untuk masa jabatan selama 15 tahun dan tidak ada kesempatan kedua. Ini didasarkan pada perubahan undang-undang tahun 2004," ujar Ketua MK Azerbaijan Farhad Abdullayev di Gedung MK Indonesia, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (18/2).

Farhad mengatakan, MK merupakan lembaga konstitusi tertinggi di Azerbaijan. Ini disebabkan MK memiliki kewenangan melakukan pengawasan terhadap praktik konstitusi.

"Kami memiliki hak untuk mengotrol terkait adanya pengajuan dari wilayah-wilayah," kata dia,

Meskipun demikian, Farhad menjelaskan, MK Azerbaijan merupakan lembaga yang tergolong baru. "Ini adalah salah satu lembaga yang muda di negara Eropa Timur dan Eropa secara keseluruhan. Lembaga konstitusi adalah lembaga baru," pungkas dia.

[hhw]

Rekomendasi Pilihan


Komentar Anda



BE SMART, READ MORE