Peralatan Lengkap Bantu Napi Vonis Mati Kabur dari Lapas Tangerang

Selasa, 29 September 2020 20:30 Reporter : Merdeka
Peralatan Lengkap Bantu Napi Vonis Mati Kabur dari Lapas Tangerang Video Detik-Detik Narapidana Kabur. Instagram/@memoefriantto ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Polisi menemukan perkakas untuk menjebol lantai sel. Peralatan itu dimanfaatkan oleh narapidana Cai Changpan alias Cai Ji Fan untuk melarikan diri dari Lapas Kelas 1 Tangerang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, Cai Changpan menggunakan sekop, besi, obeng, serta alat pahat. Cai Changpan mengambil dari lokasi pembangunan, kebetulan saat itu di sebelah selnya ada renovasi dapur.

"Kami masih dalami semuanya keterangan sejumlah saksi termasuk alat-alat yang kami temukan di lokasi," kata di Polda Metro Jaya, Selasa (29/9/2020).

Yusri menerangkan, selama kurang lebih delapan bulan Cai Changpan menggali jalur menuju ke luar Lapas. Yusri menyebut panjang sekira 30 meter.

Dari hasil penyelidikan, Cai Changpan memakai karung untuk menaruh tanah bekas galian.

"Dia taruh di plastik kemudian dia buang di tong sampah di dalam nanti ditutupi lagi," ucap dia.

Yusri menegaskan, penyelidikan masih berlanjut. Beberapa temuan masih didalami salah satunya pompa air.

"Kami dalami juga kenapa yang bersangkutan bisa menghadirkan pompa air itu dalam tempatnya," ucap dia.

Diketahui sebelumnya, seorang narapidana (napi) kasus narkoba yang telah divonis hukuman mati melarikan diri dari dalam tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang.

Napi yang kabur diketahui bernama Cai Changpan alias Cai Ji Fan itu merupakan warga negara (WN) China. Pelaku merupakan napi yang telah divonis mati sejak tahun 2017 lalu. [ded]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini