Penyekatan Pemudik di Bekasi Jebol, Polisi akan Tambah Kekuatan

Senin, 10 Mei 2021 13:54 Reporter : Merdeka
Penyekatan Pemudik di Bekasi Jebol, Polisi akan Tambah Kekuatan Penyekatan pemudik jebol. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menilai, bobolnya penyekatan pemudik di Bekasi pada Minggu malam kemarin sebagai dampak dari keterbatasan personel di lapangan. Demi mengantisipasi hal itu berulang, maka kepolisian bersama TNI dan pemda setempat akan menambah anggota bertugas di lapangan.

"Bersama TNI dan juga pemerintahan daerah, karena yang dikedepankan di sini kan harus sama sama dari pemerintahan daerah. Kami membantu, kita perkuat, menambah kekuatan di perbatasan," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Senin (10/5).

Selain menambah personel, lanjut Yusri, polisi juga mengantisipasi dengan cara menambah titik sekat. Menurut dia, kerapatan titik sekat akan semakin mempersempit ruang gerak pemudik dan melerai antrean saat pemeriksaan dokumen kelayakan.

"Kita akan rapatkan kita akan tambah kekuatan. Tambah personel tambah penyekatan. Jadi tiap masuk tiap 3 KM nanti ada penyekatan atau per 5 KM ada penyekatan sampai nanti kembali," jelas Yusri.

Sebelumnya diberitakan, terjadi antrean pada Minggu, 9 Mei 2021, menjelang waktu dini hari pada titik penyekatan di Bekasi, Jawa Barat, Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra mengatakan, panjang antrean di titik sekat hingga mencapai 5 KM akibat pemeriksaan kelengkapan dokumen oleh petugas.

Sebab tidak kondusif situasi. Dia pun melakukan diskresi dengan melepas mereka agar tidak menimbulkan kerumunan yang berpotensi penyebaran virus corona.

"Ini dinamika supaya juga tidak terlalu berkerumun dan ini juga berpotensi kalau terlalu banyak berkerumun berpotensi jadi penyebaran penyakit," jelas Hendra saat dikonfirmasi, Senin 10 Mei 2021.

Namun dia memastikan, para pemudik yang dilepaskan di Bekasi akan kembali diperiksa di Karawang sebagai titik sekat selanjutnya.

"Mereka akan kembali dicegat di Karawang untuk diperiksa," katanya.

Reporter: M Radityo
Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini