Penjelasan Polisi soal Pemasangan Bendera Putih di Pasar Tanah Abang

Jumat, 30 Juli 2021 19:39 Reporter : Nur Habibie
Penjelasan Polisi soal Pemasangan Bendera Putih di Pasar Tanah Abang Pemasangan bendera putih di Pasar Tanah Abang. ©Instagram/merekamjakarta

Merdeka.com - Sebuah video beredar di media sosial adanya bendera warna putih yang berkibar atau terpasang di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Berdasarkan akun Instagram milik @merekamjakarta disebutkan, kejadian itu terjadi di Sebrang Blok B, Jumat (23/7) lalu.

Dalam video dinarasikan pemasangan bendera putih itu menandakan bahwa para pedagang sudah pasrah pada situasi PPKM seperti saat ini.

Kejadian itu pun dibenarkan oleh Kapolsek Metro Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan. Pemasangan bendera putih tersebut disebutnya dilakukan oleh Orang Tak Kenal (OTK).

"Itu dipasang bukan sama warga di sana, dipasang orang tak dikenal," kata Singgih kepada wartawan, Jumat (30/7).

Singgih menjelaskan, bendera putih yang ditemukan di sekitar pasar itu berjumlah sekitar 5-6 buah. Karena letak bendera yang terpasang berada di pinggir jalan, sehingga terlihat jelas oleh warga dan masyarakat yang lewat.

Meski begitu, bendera putih yang terpasang itu tidak bertahan lama. Sebab, bendera putih tersebut langsung dicopot setelah viral di media sosial.

"Dicopot sama para pedagang, bukan kami," jelasnya.

Singgih mengimbau kepada warga yang akan melakukan pemasangan bendera serupa agar melaporkan kepada polisi terlebih dahulu. Bukan karena adanya pelanggaran pidana, namun aksi tersebut dapat meresahkan masyarakat.

"Kami juga tidak tahu kan apa maksudnya, jadi setidaknya lapor dulu kalau mau pasang," tutupnya. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini