Penjelasan Istana Brimob Daerah Dikerahkan Jaga Ibu Kota

Selasa, 23 April 2019 12:45 Reporter : Supriatin
Penjelasan Istana Brimob Daerah Dikerahkan Jaga Ibu Kota Pengamanan Jelang Malam Tahun Baru. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Mabes Polri mengerahkan ribuan personel Brigade Mobil (Brimob) ke DKI Jakarta setelah Pemilu 2019. Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko mengatakan, pengerahan Brimob untuk memperkuat pengamanan di Ibu Kota.

"Karena Jakarta sebagai barometer pasti harus kita perkuat lah," kata Moeldoko di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (23/4).

Moeldoko membantah pengerahan Brimob tersebut lantaran ada indikasi stabilitas keamanan terganggu. Moeldoko menyebut sejauh ini stabilitas keamanan di Jakarta terjaga dengan baik.

"Enggak si, kalau saya lihat enggak ada, kita hanya preventif," ucapnya.

Mantan Panglima TNI ini meminta masyarakat tidak panik dengan adanya pengerahan Brimob ke DKI Jakarta. Kedatangan Brimob disebut hanya untuk memastikan situasi Jakarta tetap aman.

"Kita harus memberikan keyakinan kepada masyarakat enggak ada apa-apa situasinya. Jadi masyarakat kalau ada pasukan yang turun di lapangan justru harus merasa nyaman, jangan merasa ketakutan," pungkas Moeldoko.

Sebagai informasi, Polda Maluku telah mengirimkan dua SSK Brimob atau 200 personel ke Jakarta. Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, pengiriman pasukan ini bertujuan untuk membantu pengamanan serta menjaga ibu kota negara dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Butuh perkuatan atau penebalan aparat keamanan di sana dan Brimob Polda Maluku yang dianggap mampu dipanggil ke Jakarta untuk membantu pengamanan ibu kota negara," kata Kapolda Royke dilansir Antara, di Ambon, Senin (22/4).

Selain Maluku, Polda Jambi juga memberangkatkan dua kompi atau 200 personel Brimob ke Jakarta untuk menjalankan tugas melaksanakan pengamanan Ibukota dibawa kendali BKO Polda Metro. Pelepasan pemberangkatan dua ratus anggota Brimob Polda Jambi itu dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS, Senin di VIP Bandara Sultan Thaha Jambi.

Menurut Kabid Humas Polda Jambi, Kuswahyudi Tresnadi, pengiriman pasukan tersebut untuk membantu Polda Metro Jaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban pascapemilu di Jakarta. [did]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini