Penjelasan BPSPL Viral Video Ikan Terdampar di Bali, Tak Terkait Gempa

Selasa, 16 Juli 2019 12:33 Reporter : Moh. Kadafi
Penjelasan BPSPL Viral Video Ikan Terdampar di Bali, Tak Terkait Gempa Ilustrasi gempa. Ilustrasi shutterstock.com

Merdeka.com - Video ikan terdampar di Pantai Batu Bolong, Canggu, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Selasa (16/7) malam kemarin, membuat heboh warga dan menjadi viral. Hal tersebut, ada juga yang mengaitkannya dengan gempa yang terjadi di Bali pagi ini.

Suko Wardono selaku Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa pihaknya memastikan bahwa ikan tersebut adalah ikan lemuru dan memang saat ini sedang musim ikan dan dua pekan lalu juga ada fenomena tersebut.

"Kebetulan, sifat ikan ini tertarik sama cahaya. Jadi ada warung yang memasang lampu disorotkan ke laut. Ketika disorotkan ikan yang berlumuran mendekat ke sumber cahaya. Itu ceritanya," ujarnya.

Suko juga menjelaskan, jadi saat ada cahaya ikan mendekatinya. Kemudian ikan-ikan tersebut ada yang terhempas ombak hingga ke pantai. Atau terseret ombak dan tertinggal saat ombak surut.

"Karena memang sedang musim ikan saja. Terangsang sehingga mendekat ke arah bibir pantai. Mungkin ada terhempas dan surut sehingga tertinggal," katanya.

Sementara Iman Fatchurochman selaku Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah III Denpasar menjelaskan, telah mengetahui adanya ikan-ikan yang terdampar dan dikaitkan dengan gempa. Menurutnya, dua kejadian tersebut tak berhubungan sama sekali. "Dua kejadian tersebut tidak ada kaitannya," ujarnya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini