Pengantar Jemaah Calon Haji Membeludak, Rela Menginap di Luar Pagar Asrama Haji

Sabtu, 2 Juli 2022 12:05 Reporter : Ihwan Fajar
Pengantar Jemaah Calon Haji Membeludak, Rela Menginap di Luar Pagar Asrama Haji Pengantar JCH di Asrama Haji Sudiang Makassar membludak. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar telah memberangkatkan 19 kelompok terbang (kloter) ke Arab Saudi untuk menunaikan Rukun Islam Kelima. ADa hal menarik keberangkatan kloter terakhir Embarkasi Makassar. Membeludaknya pengantar Jemaah Calon Haji (JCH) yang berasal dari Kabupaten Jeneponto.

Seorang pengantar JCH, Nurung mengaku sengaja datang bersama keluarganya untuk mengantar salah satu kerabatnya yang berangkat menunaikan ibadah haji. Warga Kecamatan Kelara, Jeneponto bahkan rela menginap di dalam mobil untuk bisa melihat keberangkatan kerabatnya berangkat.

"Dari Kelara dan semalam nginap di mobil. Mobil parkir di luar area Asrama Haji, karena tidak boleh masuk," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (2/7).

Nurung berangkat dari Jeneponto ke Makassar dengan rombongan. Setidaknya ada delapan mobil yang ditumpangi keluarganya ke Asrama Haji Sudiang.

"Delapan mobil berangkat ke sini. Ini demi ingin melihat keluarga yang berangkat haji," tegasnya.

2 dari 3 halaman

Tradisi

Pengantar JCH lainnya, Suriati mengaku sudah meniatkan diri untuk datang ke Asrama Haji Sudiang Makassar. Dia ingin mengantar keluarganya yang akan berangkat ke Tanah Suci, Makkah, Arab Saudi.

"Banyak keluarga dari jemaah haji yang dari Jeneponto datang ke sini untuk mengantar dan melihat keluarga yang berangkat haji. Ini kebahagian kami sebagai keluarga, karena dua tahun tidak ada pemberangkatan haji," tuturnya.

Suriati tidak kaget banyak warga Jeneponto lainnya yang datang ke Asrama Haji Sudiang. Sebab, kondisi ini sudah seperti tradisi di masyarakat jika ada keluarganya yang berangkat haji.

"Kami rela bersama lainnya datang ke Asrama Haji Sudiang meski harus menginap. Setidaknya kami bisa melihat keluarga yang berangkat haji," kata dia.

3 dari 3 halaman

JCH kloter 19 sendiri masuk di Asrama Haji Sudiang Makassar pada pukul 10.00 Wita, Jumat (1/7). Kloter 19 baru diberangkatkan pada pukul 08.30 Wita, Sabtu (2/7).

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan (Sulsel), Khaironi mengaku pelaksanaan pemberangkatan haji dari kloter 1 sampai 19 telah selesai. Ia menyebut tidak ada kendala berarti saat penerimaan JCH.

"Hari ini adalah keberangkatan kloter terakhir. Alhamdulillah, (proses keberangkatan) berjalan lancar sampai kloter 19 ini," tuturnya.

Khaironi merinci untuk keberangkatan Kloter 19 sebanyak 169 JCH yang berasal dari Jeneponto, Sidrap, dan Kota Makassar. Nantinya, kloter 19 Embarkasi Makassar ini akan bergabung dengan Kloter 18 Embarkasi Padang.

"Total untuk hari ini Makassar ada 169 orang, dan akan bergabung dengan kloter 18 di Padang sebanyak 140 orang," sebutnya.

Ia mengungkapkan selama dua pekan terakhir, PPIH Embarkasi Makassar telah memberangkatkan 7.230 JCH. Jumlah tersebut bukan hanya dari Sulsel, tetapi juga Provinsi lainnya seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulbar, Sultra, dan Gorontalo.

"Dari total 7 ribuan JCH, hanya dua orang yang batal keberangkatannya. Dua orang yang batal karena hamil dan sakit keras," tegasnya.

Ia menambahkan sampai saat ini PPIH Embarkasi Makassar belum menerim adanya JCH yang meninggal dunia di Arab Saudi. Ia berharap seluruh JCH Embarkasi Makassar bisa kembali ke rumah masing - masing dan menjadi haji mabrur.

"Mudah-mudahan semuanya selamat sampai Makassar kembali dan ke rumah masing-masing," ucapnya. [noe]

Baca juga:
Delegasi Amirul Hajj Tiba di Tanah Suci, Pastikan Jemaah Haji Dapat Pelayanan Terbaik
Update 1 Juli 2022: Jemaah Haji Tiba di Tanah Suci Berjumlah 84.889
Cek Kesiapan Armuzna, DPR Minta Semua Fasilitas Segera Rampung H-3 Puncak Haji
Skenario Perlindungan Jemaah saat Puncak Haji di Armuzna
Siapkan 10 Bus, KKHI Terus Data Jemaah yang akan Disafariwukufkan
Beri Pelayanan saat Armuzna, KKHI Kerahkan 782 Tenaga Kesehatan
Kemenag Berharap Kuota Haji Tahun 1443 H Terserap 100 Persen

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini