Pengamat: Tak Cuma Kritik, Ibas juga Beri Solusi Pemerintah Tangani Pandemi

Minggu, 11 Juli 2021 17:51 Reporter : Merdeka
Pengamat: Tak Cuma Kritik, Ibas juga Beri Solusi Pemerintah Tangani Pandemi Ibas. ©2020 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Pakar Komunikasi Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio, menilai, kritikan Ketua Fraksi Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) terkait penanganan Covid-19 yang dilakukan Pemerintah hal wajar. Diketahui, kritik Ibas menuai tanggapan beragam dari berbagai kalangan, termasuk dari partai politik koalisi pemerintah.

Menurut Hensat, kritikan Ibas sangat konstruktif dan solutif. Sebab, selain melakukan kritik Ibas juga memberikan masukan kepada Pemerintah. Misalnya solusi soal kelangkaan tabung oksigen.

"Tak hanya mengkritik, Ibas juga tawarkan solusi kok. Soal langkanya tabung oksigen, ia menyarankan agar lain kali pemerintah lebih antisipatif. Boleh saja menyumbang tabung oksigen untuk negara lain, tetapi pemerintah harus bisa memastikan kebutuhan dalam negeri terpenuhi saat rakyat membutuhkan. Ini bagus, ada solusi dan dukungan ke pemerintah," ujar Hensat dalam keterangan persnya kepada merdeka.com, Minggu (11/7).

Ibas mengkritik kebijakan pemerintah menyumbangkan ribuan tabung oksigen untuk India. Seminggu setelah itu, terjadi kelangkaan tabung oksigen seiring meningkatnya kasus Covid-19 di Tanah Air.

"Betul kata Ibas, kan pandemi ini sudah memasuki tahun kedua. Tidak ada yang mendadak, jadi harusnya bisa diantisipasi," tambah Hensat.

Demikian juga soal vaksin. Hensat yang juga pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI ini menambahkan, Ibas justru memberi solusi yang baik.

Ibas juga mengkritik soal vaksinasi yang dilakukan pemerintah. Sebab, ditemukan banyak orang yang telah vaksin tapi masih terpapar. Ibas menyarankan agar pemerintah memilih vaksin dengan kualitas yang lebih baik. Ibas juga meminta agar dilakukan prioritas percepatan vaksinasi di kota dan di desa atau daerah ekstrim.

"Ibas justru memberi solusi yang baik. Kan bagus sekali saran dan solusi yang diberikan Ibas. Semoga lebih banyak tokoh mau kasih masukan kritis lagi seperti Ibas, agar cepat selesai krisis ini," tutur Hensat.

Baca Selanjutnya: Isi Kritik Ibas...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini