Pengamat: Gus Dur itu milik bangsa, bukan hanya milik keluarga

Minggu, 29 Desember 2013 14:55 Reporter : Dedi Rahmadi
Pengamat: Gus Dur itu milik bangsa, bukan hanya milik keluarga Haul Gus Dur. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Istri mendiang Gus Dur atau KH Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid menegaskan, jika ada salah satu partai yang menggunakan gambar almarhum suaminya itu, sama dengan mencuri. Hal itu diutarakan saat menjadi pembicara di acara Partai NasDem di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (26/12).

Pengamat politik dari Universitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Zaki Mubarok menilai ada kekuatan tertentu di belakang ucapan istri Gus Dur tersebut.

"Saya kira dalam konteks protesnya Sinta Nuriyah terkait pemasangan gambar Gus Dur oleh beberapa calon anggota legislatif PKB karena yang bersangkutan dimanfaatkan oleh kekuatan politik tertentu dalam hal ini adalah partai NasDem. Hal ini terbukti bahwa Sinta Nuriyah mengisi pembekalan caleg perempuan partai Nasdem di Surabaya," ujar Zaki melalui pesan singkat yang diterima merdeka.com, Minggu (29/12).

Zaki menegaskan Gus Dur merupakan milik bangsa, jadi sah saja jika caleg PKB foto bersanding dengan Gus Dur. Asal calon anggota legislatif PKB tetap itu memperjuangkan nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Gus Dur.

"Misalnya kita memasang foto Mahatma Gandhi masa kita diprotes oleh anaknya? Kan lucu. Gus Dur itu milik bangsa, bukan hanya milik keluarganya," kata Zaki.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Gajah Mada (UGM) Ghafar Karim mengatakan, tidak ada larangan dalam Undang-undang (UU) Pemilu untuk menggunakan gambar tokoh seperti Gus Dur sebagai alat kampanye beberapa partai politik (parpol). Sebab, Gus Dur sama halnya seperti Bung Karno dan tokoh nasional lainnya.

"Kalau UU tidak ada yang dilanggar. Kalau gambar Gus Dur sama halnya seperti tokoh lain seperti Bung Karno. Gus Dur adalah sosok ulama, tokoh, politisi teladan. Karena tipe kebangsaan Gus Dur, cara berpikir Gus Dur itu adalah energi besar Indonesia," kata Ghafar.

Seperti diketahui, gambar Gus Dur digunakan sebagai sarana kampanye di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pada baliho calon legislatif (caleg) dari PKB, terdapat gambar Gus Dur dan tulisan: Penerus Perjuangan Gus Dur. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bulan Gus Dur
  3. Gus Dur
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini