Pengakuan blak-blakan Zaskia Gotik soal penghinaan lambang negara

Minggu, 20 Maret 2016 07:44 Reporter : Marselinus Gual
Pengakuan blak-blakan Zaskia Gotik soal penghinaan lambang negara Zaskia Gotik. ©2015 Merdeka.com/www.kapanlagi.com

Merdeka.com - Beberapa hari terakhir, Indonesia dihebohkan oleh pedangdut Zaskia Gotik. Pemilik goyang itik itu dikecam gara-gara menghina Pancasila.

Dalam sebuah acara di TV, Zaskia menyebut lambang sila kelima Pancasila adalah bebek nungging. Dia juga menyebut proklamasi Indonesia dibacakan setelah adzan subuh, tanggal 32 Agustus.

Banyak netizen yang berkomentar soal pengetahuan Zaskia. Sebagian lagi menanyakan apa pendidikan terakhir Zaskia. Awalnya, pedangdut 25 tahun itu hadir di acara Dahsyat bersama dua sahabatnya Ayu Ting Ting dan Julia Perez.

Dalam acara tersebut ada satu segmen Cerdas Cermat. Di mana Jupe, Zaskia Gotik, dan Ayu Ting Ting diberi pertanyaan oleh Deny Cagur.

Sekitar dua pertanyaan dilontarkan oleh Deny Cagur kepada ketiga wanita seksi tersebut, salah satunya tanggal berapakah Hari Proklamasi Indonesia. Jupe dan Ayu menjawab dengan benar, yaitu tanggal 17 Agustus 1945. Namun, mantan kekasih Vicky Prasetio itu menjawab Setelah adzan subuh, tanggal 32 Agustus.

Bukan hanya satu pertanyaan saja. Di pertanyaan kedua, ketika Deny Cagur memberikan pertanyaan lambang sila kelima dari Pancasila, lagi-lagi wanita asal Bekasi itu menjawab dengan asal. Padahal, Jupe dan Ayu menjawab dengan benar, yaitu Padi dan Kapas. Tetapi, Zaskia menjawab Bebek Nungging.

Berikutmerdeka.commenghimpun pengakuan blak-blakan Zaksia soal penghinaan lambang negara:

1 dari 3 halaman

Hina Pancasila, Zaskia Gotik ternyata cuma lulusan SD

zaskia gotik ternyata cuma lulusan sd rev2zaskia shinta. ©2013 Merdeka.com/kapanlagi

Dulu Nikita Mirzani pernah mengejek Zaskia Gotik hanya lulusan SD. Zaskia sempat terpukul mendengar hal itu. Namun Akhirnya Zaskia mengakui dia memang cuma lulusan SD.   

"Neng tidak bisa sekolah tinggi-tinggi karena keterbatasan biaya, kalau ada yang bilang Neng lulusan SD, itu memang benar. Kan dari awal juga sudah ngaku," ungkap Zaskia dalam sebuah wawancara.  

Zaskia mengaku akan mengikuti kejar paket B dan Paket C. Zaskia juga ingin mengikuti kursus bahasa Inggris, kursus kepribadian, dan memperdalam ilmu agama. Sebab, lanjutnya, semua hal itu penting untuk terus menunjang karirnya.  

"Neng mau perdalam agama, sekolah, kursus bahasa Inggris dan sekolah kepribadian, karena itu kan sangat dibutuhkan dan penting, apalagi agama. Bahkan kalau ada rezeki setelah lulus Neng juga ingin kuliah," jelas Zaskia.

2 dari 3 halaman

Kuasa Hukum akui Zaskia Gotik pendidikannya minim

akui zaskia gotik pendidikannya minim rev2Zaskia Gotik. ©kapanlagi.com

Pemilik goyang itik, Zaskia Gotik tengah tersandung kasus hukum. Dalam sebuah acara televisi swasta yang disiarkan secara langsung, Zaskia kedapatan menghina lambang negara dengan menuliskan kata "bebek nungging" saat ditanya host lambang sila kelima dari pancasila.  

Lewat kuasa hukumnya, Sunan Kalijaga menjelaskan, Zaskia tidak bermaksud untuk menghina lambang negara. Jawaban yang dituliskan itu murni apa yang ada di kepalanya saat ditanya oleh host. Hal ini diakui Sunan lantaran Zaskia hanya lulusan SD dan berpendidikan minim.  

"Klien kami seorang generasi muda yang memiliki wawasan dan pendidikan minim. Tidak bermaksud secara spontan melakukan suatu pelecehan pada suatu negara," ungkap Sunan di kantor Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) di Jakarta, Sabtu (19/3).  

"Dia tidak hafal pancasila. Gambar sila 1 sampai 5 aja dia tidak tau, klien kami memang tidak paham. Seharusnya dia tidak harus dilaporkan melainkan dibina atau dirangkul. Saya yakin kok banyak generasi muda diluar sana yang tidak hafal pancasila," tambah dia.  

Menurut Sunan, ketidaktahuan Zaskia seharusnya dimaklumi oleh berbagai pihak mengingat Zaskia seorang publik figur namun berpendidikan rendah. Seharusnya, Zaskia diberi pembinaan dan pemahaman terkait bela negara, bukan malah dilaporkan ke pihak berwajib.  

"Seyogyanya tidak jadi proses hukum. Selama masih bisa dibina dan diarahkan itu sudah cukup. Karena Zaksia memang tidak bermaksud seperti yang disangkakan. Dia sampai mengatakan demi allah tidak bermaksud melecehkan," jelas Sunan.  

Sunan mengungkapkan,pasca kejadian, Zaskia langsung meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas ketidaksengajaan yang dilakukannya itu. Ia sungguh tidak pernah menyangka masalah ini akan berlanjut ke ranah hukum.  

Sebelumnya Zaskia Gotik dilaporkan oleh beberapa elemen masyarakat lantaran dituduh telah melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara juncto Pasal 158 KUHP.

3 dari 3 halaman

Pengacara Zaskia Gotik sebut banyak artis tak hafal Indonesia Raya

gotik sebut banyak artis tak hafal indonesia raya rev2zaskia gotik. ©kapanlagi.com

Kuasa hukum Zaskia Gotik, Sunan Kalijaga menyebut pelaporan kliennya terkait pelecehan terhadap lambang negara beberapa waktu lalu berlebihan. Sebab, bukan hanya Zaskia Gotik saja yang memiliki pemahaman bela negara yang rendah, tapi banyak artis papan atas juga yang tidak paham tentang bela negara.  

"Bukan cuma Zaskia yang minim tentang bela negara. Saya pernah menguji 10 artis papan atas untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lima di antaranya tidak hafal dan itu disaksikan para pejabat tinggi," cerita Sunan di kantor Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI), Jalan Balikpalan Raya, Harmoni, Jakarta Pusat, Sabtu (19/3).  

Saat ditanya siapa artis yang dimaksud, Sunan enggan menyebutkan. Dia hanya mengatakan banyak artis papan atas yang berpendidikan tinggi namun minim pemahaman bela negara.  

"Masih banyak artis papan atas yang enggak hafal lagu Indonesia Raya. Kasus yang menimpa Zaskia hanya satu di antaranya yang terungkap di media karena disiarkan secara langsung," jelas Sunan.  

Untuk itu, dia menilai seharusnya Zaskia tidak dilaporkan melainkan diberikan pembinaan tentang bela negara. Zaskia juga siap untuk mendapatkan pembinaan dan bimbingan dari pemerintah untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme terhadap NKRI.  

"Dia bilang, kalau Eneng (begitu Zaskia menyebut namanya) salah tolong diingatkan. Eneng siap dibina dan diarahkan," kata Sunan menirukan ucapan Zaskia. [rhm]

Baca juga:
Pengacara Zaskia Gotik sebut banyak artis tak hafal Indonesia Raya
Kuasa Hukum akui Zaskia Gotik pendidikannya minim
Dilaporkan hina lambang negara, Zaskia Gotik depresi
Banyak artis mendadak jadi presenter, Farhan tidak permasalahkan
Zaskia Gotik hina Pancasila, ini tanggapan Bella Shofie
Zaskia Gotik dianggap hina lambang negara, begini komentar Ahok

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini