Pengacara Zaskia Gotik sebut banyak artis tak hafal Indonesia Raya

Sabtu, 19 Maret 2016 19:29 Reporter : Anisyah Al Faqir
Pengacara Zaskia Gotik sebut banyak artis tak hafal Indonesia Raya Zaskia Gotik. ©kapanlagi.com

Merdeka.com - Kuasa hukum Zaskia Gotik, Sunan Kalijaga menyebut pelaporan kliennya terkait pelecehan terhadap lambang negara beberapa waktu lalu berlebihan. Sebab, bukan hanya Zaskia Gotik saja yang memiliki pemahaman bela negara yang rendah, tapi banyak artis papan atas juga yang tidak paham tentang bela negara.

"Bukan cuma Zaskia yang minim tentang bela negara. Saya pernah menguji 10 artis papan atas untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lima di antaranya tidak hafal dan itu disaksikan para pejabat tinggi," cerita Sunan di kantor Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI), Jalan Balikpalan Raya, Harmoni, Jakarta Pusat, Sabtu (19/3).

Saat ditanya siapa artis yang dimaksud, Sunan enggan menyebutkan. Dia hanya mengatakan banyak artis papan atas yang berpendidikan tinggi namun minim pemahaman bela negara.

"Masih banyak artis papan atas yang enggak hafal lagu Indonesia Raya. Kasus yang menimpa Zaskia hanya satu di antaranya yang terungkap di media karena disiarkan secara langsung," jelas Sunan.

Untuk itu, dia menilai seharusnya Zaskia tidak dilaporkan melainkan diberikan pembinaan tentang bela negara. Zaskia juga siap untuk mendapatkan pembinaan dan bimbingan dari pemerintah untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme terhadap NKRI.

"Dia bilang, kalau Eneng (begitu Zaskia menyebut namanya) salah tolong diingatkan. Eneng siap dibina dan diarahkan," kata Sunan menirukan ucapan Zaskia.

Sebelumnya Zaskia Gotik dilaporkan oleh beberapa elemen masyarakat lantaran dituduh telah melakukan pelanggaran terhadap Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara juncto Pasal 158 KUHP. [dan]

Baca juga:

Pengakuan blak-blakan Zaskia Gotik soal penghinaan lambang negara

Pengacara Zaskia Gotik sebut banyak artis tak hafal Indonesia Raya

Kuasa Hukum akui Zaskia Gotik pendidikannya minim

Dilaporkan hina lambang negara, Zaskia Gotik depresi

Banyak artis mendadak jadi presenter, Farhan tidak permasalahkan

Zaskia Gotik hina Pancasila, ini tanggapan Bella Shofie

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini