Pengacara Emirsyah Satar Jadi Panelis Uji Publik 20 Capim KPK

Senin, 26 Agustus 2019 12:58 Reporter : Merdeka
Pengacara Emirsyah Satar Jadi Panelis Uji Publik 20 Capim KPK Gedung KPK. ©2014 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Mutia Gani dan Luhut Pangaribuan ditunjuk sebagai panelis untuk uji publik kepada 20 calon pimpinan KPK. Keduanya dinilai memiliki kompetensi untuk menguji para capim KPK tersebut.

"Kita mengambil panelis itu atas pertimbangan dan pandangan keilmuan bersangkutan, kalau rekam jejak mereka kami yang uji," jelas Anggota Pansel KPK, Hendardi di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Senin (26/8).

Ihwal sepak terjang Luhut sebagai pengacara tersangka korupsi eks Dirut Garuda, Emirsyah Satar di KPK, Hendardi menegaskan, tidak ada keterkaitan atau conflict of interest antara seleksi Capim KPK dan hal tersebut.

Hendardi yakin, Luhut bisa bekerja profesional sebagai panelis dan sebagai pengacara. Hendardi menegaskan, bila semua hal terus dikaitkan dengan hal di luar substansi, sebagai pansel dirinya mengaku tak bisa bekerja dengan baik.

"Semua dikaitkan, kami harus ambil malaikat? Misalnya enggak boleh ini, enggak boleh itu. Itu pertimbangan kami," tegas dia.

Hendardi juga melihat, Emirsyah Satar saat ini statusnya memang tersangka. Namun belum terbukti korupsi karena belum ada putusan inkracht. Dia pun mengajak, semua orang untuk bisa objektif dalam proses yang tengah dijalani.

"Ya kan (Emirsyah) belum dihukum, itu proses sedang berlangsung, tidak bisa diartikan dia dihukum/vonis. Nanti setelah berkekuatan hukum tetap baru, itu baru boleh bilang dia korupsi," tutup Hendardi.

Reporter: Muhammad Radityo

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini