Penerjun Pertama TNI AU Imanuel Nuhan Meninggal Dunia

Kamis, 10 Oktober 2019 13:02 Reporter : Ramadhian Fadillah
Penerjun Pertama TNI AU Imanuel Nuhan Meninggal Dunia Imanuel Nuhan. ©2019 TNI AU

Merdeka.com - TNI Angkatan Udara tengah berduka. Pelaku misi penerjunan pertama dalam sejarah Indonesia, Imanuel Nuhan, meninggal dunia.

Imanuel Nuhan berusia 96 tahun saat meninggal dunia Rabu, (9/10). Dia adalah sesepuh Korp Pasukan Khas TNI AU, pasukan elite baret jingga.

Ada 13 orang yang diterjunkan di Kalimantan pada 17 Oktober 1947. Hari Hadi Sumantri, FM Soejoto, Iskandar, Ahmad Kosasih, Bachri, J Bitak, C Williem, Amirudin, Ali Akbar, M Dahlan, JH Darius, Marawi dan Imanuel Nuhan. Mereka pasukan pilihan yang dikirim menjalankan misi khusus.

Misi ini bermula dari permintaan Gubernur Kalimantan Mohammad Nur, kepada Kepala Staf TNI AU Komodor Soerjadi Soerjadarma. Dia meminta agar bisa dikirimkan personel TNI untuk melatih para pemuda di kalimantan dan mempersiapkan jaringan gerilya untuk melawan Tentara NICA/Belanda.

Saat itu Kalimantan dikuasai Belanda. Jalan satu-satunya adalah melalui penerjunan lewat udara. Soerjadarma mengambil keputusan melakukan operasi airborne pertama di Indonesia. Belum pernah ada pengalaman sebelumnya para prajurit itu melakukan terjun tempur.

1 dari 1 halaman

Operasi Airborne Pertama

13 Prajurit terjun dari pesawat C-47 Dakota RI-002 yang dipiloti oleh Bob Freeberg berkebangsaan Amerika, dan kopilot Opsir Udara III Suhodo, Serg Jump Master Opsir Muda Udara III Amir Hamzah.

Peristiwa heroik tersebut merupakan operasi penerjunan pertama sekaligus operasi lintas udara pertama yang dilakukan oleh TNI.

Begitu mendarat, mereka segera melakukan operasi gerilya. Namun lokasi penerjunan ternyata meleset dari target. Tentara Belanda juga memburu mereka habis-habisan. Dalam sebuah penyergapan, Letnan Udara Iskandar, Sersan Achmad Kosasih, dan Kapten Udara Hari Hadisumantri gugur.

Satu demi satu anggota pasukan ini akhirnya tertangkap. Mereka sempat dipenjara dan kemudian baru dibebaskan menjelang perundingan Indonesia-Belanda.

Imanuel Nuhan mendapat Bintang Sakti, sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan pada anggota TNI yang bertugas di medan tempur. [ian]

Baca juga:
Para Srikandi di Pesawat TNI
Deretan Senjata Baru TNI, Ada Buatan Indonesia
Manuver Memukau Pesawat Tempur Sukhoi TNI dalam Gladi Bersih
Ribuan Prajurit Gelar Gladi Bersih HUT ke-74 TNI
Dulu Takut Ketinggian, Kini Anisa Jadi Pilot Hercules dan Hobi Bermanuver Ekstrem

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini