Penerimaan Pajak Hotel dan Restoran Turun, Pemkot Padang Pasang Tapping Box

Kamis, 16 September 2021 04:00 Reporter : Ikhwan
Penerimaan Pajak Hotel dan Restoran Turun, Pemkot Padang Pasang Tapping Box jenis pajak daerah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang melalui pajak hotel dan restoran mengalami penurunan cukup drastis saat Pandemi Covid-19. Mencegah kebocoran di masa sulit ini, Pemkot memasang tapping box.

Pemkot Padang memasang target pajak hotel sebesar R 42 miliar pada tahun 2021. Yang terealisasi hingga September 2021 baru Rp16 miliar.

Sementara itu, pajak restoran ditargetkan adalah Rp52 miliar. Namun, pencapaiannya baru Rp28 miliar atau masih 53,23 persen.

"Saat ini ada penurunan, tapi akan terus kita coba genjot hingga akhir tahun ini, untuk realisasi PAD tersebut," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang Al Amin di Padang, Rabu (15/9).

Dia menjelaskan, pihaknya memasang tapping box pada setiap hotel dan restoran untuk mencegah kebocoran pajak. "Tapping box ini merupakan alat yang wajib dipasang hotel dan restoran untuk merekam catatan transaksi," jelas Al Amin.

Dengan adanya tapping box, maka Bapenda Kota Padang mengetahui total transaksi di hotel dan restoran dan jumlah pajak yang dibayarkan konsumen. Perangkat itu diharapkan dapat menekan kebocoran pajak daerah.

Tapping box itu langsung mengirim data ke pemerintah. "Data tersebutlah yang akan menjadi pembanding dari setiap laporan wajib pajak yang dilakukan setiap bulan," jelas Al Amin.

Pemkot Padang menargetkan pemasangan 318 unit tapping box pada tahun ini. "Untuk saat ini sudah terpasang 183 unit. Kita upayakan hingga akhir tahun ini seluruh tempat usaha bisa ada alatnya. Alatnya disediakan Bank Nagari," jelas Al Amin. [yan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini