Penerima Merdeka Award 2022 Kategori Program Inovasi Digital

Kamis, 30 Juni 2022 15:30 Reporter : Yunita Amalia
Penerima Merdeka Award 2022 Kategori Program Inovasi Digital Merdeka Award 2022 Inovasi Digital. ©2022 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Media online Merdeka.com memberikan penghargaan Merdeka Award 2022 kepada enam penerima untuk kategori inovasi digital. Pengembangan teknologi ini untuk memudahkan masyarakat dalam kebutuhannya sehari-hari.

Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kominfo I Nyoman Adhiarna menyambut baik adanya kegiatan penghargaan yang dilakukan oleh redaksi merdeka.com. Harapannya Merdeka Award 2022 bisa menginspirasi, terutama generasi muda.



"Semoga kegiatan ini bisa memberi inspirasi bagi semua masyarakat kita khususnya generasi muda untuk mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong kemajuan negeri," katanya saat menyampaikan sambutan dalam Merdeka Award 2022 di Gedung Paviliun Provinsi Smesco-Nareswara Hall, Lantai 4, Jakarta, Kamis (30/6).



Melalui inovasi digital, dia mengharapkan, tingkat literasi digital masyarakat Indonesia terus meningkat. Sehingga, melahirkan banyak inovasi untuk kemudahan kehidupan masyarakat


"Kementerian Kominfo memiliki program yang mendorong peningkatan literasi digital dan kecakapan kita semoga program ini bisa mendorong lebih banyak lagi lahirnya tokoh-tokoh seperti yang hari ini muncul di hadapan," tutupnya.

Ada 5 kategori dalam penghargaan Merdeka Award 2022. Program Inovatif untuk Negeri, Program Kreatif Pariwisata, Inovasi Digital, Program Pemberdayaan UMKM dan Sosok Inspiratif untuk Indonesia.

Merdeka Award 2022 dihadiri Wakil Presiden Maruf Amin dan Managing Director EMTEK, Sutanto Hartono, yang hadir secara virtual. Sementara itu, hadir secara langsung Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan Aris Darmansyah Edisaputra, dan Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Vinsensius Jemadu.

Untuk kategori program inovasi digital, merdeka.com memberikan penghargaan kepada 6 penerima. Mereka adalah:



2 dari 7 halaman

Kota Pasuruan

penerima merdeka award 2022 kategori program inovasi digital

Kota Pasuruan memiliki inovasi digital penggerak ekonomi warga seperti Madina marketplace, aplikasi Si Duta (sistem informasi data UMKM Kota Pasuruan), Kurma (Kredit Usaha Rakyat Mandiri).

Aplikasi Madinah Marketplace. Melalui aplikasi ini masyarakat bisa membeli produk-produk IKM asli Kota Pasuruan. Ada ratusan produk IKM yang dipamerkan dalam aplikasi itu.

Kemudian aplikasi Si Duta (Sistem Informasi Data UMKM Kota Pasuruan) dan Kurma (Kredit Usaha Rakyat Mandiri) untuk mendukung pengelolaan database UMKM sebagai wahana kontrol dan promosi, memberi kemudahan keberadaan UMKM binaan untuk mempromosikan produk, dan pemetaan produk UMKM unggulan Kota Pasuruan melalui media online. Sehingga masyarakat dapat melihat produk dan barang baru produksi UMKM melalui katalog online kapan saja dan dimana saja.

Ada juga aplikasi SPOT Suropati (Sistem Pembelajaran Online Terpadu Suropati). Aplikasi ini memiliki fitur yang mendukung untuk pembelajaran, seperti muatan materi baik dalam bentuk video ataupun PPT, dapat berhubungan secara virtual dengan guru.



3 dari 7 halaman

BRIguna

penerima merdeka award 2022 kategori program inovasi digital

Bank ini merupakan bank pertama dengan produk pinjaman salary based loan fully digital. Memiliki fitur yang memudahkan nasabah BRI mengajukan pinjaman secara online, mudah, dan cepat.

Semua proses BRIguna dilakukan secara digital, mulai dari pengajuan pinjaman, verifikasi, analisa, putusan, akad, hingga pencairan kredit.

BRIguna juga bermanfaat bagi para pekerja atau pegawai baik ASN, dan BUMN untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu juga dilengkapi simulasi penghitungan pinjaman dan angsuran.



4 dari 7 halaman

PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom)

PT Telkom memiliki banyak program inovasi digital untuk menggerakan ekonomi, seperti Produk Logee. Logee menghadirkan solusi digital yang end-to-end, terhubung ke jaringan ekosistem logistik lebih luas, automated digital systems, hingga proses pembiayaan yang fleksibel, aman, dan andal bersama Bank HIMBARA.

Untuk penunjang agribisnis, PT Telkom membangun aplikasi Agree. Dalam aplikasi ini memiliki fitur kemitraan dengan perusahaan pertanian, permodalan, dan penjualan. Agree juga memiliki fitur budidaya seperti cara budidaya, info cuaca, dan info harga.

Tak hanya terbatas pada ekosistem pertanian, Agree juga meliputi perikanan dan peternakan. Service kemitraan, permodalan, dan marketplace juga dapat diperoleh untuk perikanan dan peternakan.

Ada juga Program Indigo. Ini adalah program inkubasi/akselerasi startup yang lengkap dengan program pengembangan startup end-to-end yang dimulai dengan kegiatan nurturing creativity di tahapan pre-startup, inkubasi/akselerasi startup hingga pada program sinergi bisnis dan investasi lanjutan atau follow-on-funding.

Sejak 2013, program inkubasi, startup Indigo telah berkontribusi mendigitalisasi Indonesia di berbagai sektor seperti smart city, commerce, financial, small medium enterprise, education, logistic, health.

5 dari 7 halaman

Kota Malang

penerima merdeka award 2022 kategori program inovasi digital

Pemkot Malang memiliki sejumlah aplikasi untuk memudahkan aktivitas warga. Salah satunya aplikasi Job Fair Active. Aplikasi ini bisa membantu kepada masyarakat dalam melamar pekerjaan, menghemat biaya dan waktu.

Pencari kerja cukup mengisi biodata dan persyaratan lainnya. Semua dilakukan secara digital. Surat lamaran kerja akan terseleksi di sini. Sebagai pintu masuk awal, sebelum calon pekerja mengikuti proses selanjutnya.

Lalu ada aplikasi E-Pasar. Ini adalah aplikasi belanja lokal pasar rakyat yang dibuat agar warga Kota Malang dapat memesan barang melalui ponsel. Aplikasi ini dibuat sebagai kolaborasi antara KADIN Malang Raya dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang.

Pasar virtual menawarkan kemudahan berbelanja. Seperti belanja online umumnya, tinggal memilih barang dan menunggu pesanan diantarkan ke rumah. Tentu saja, aplikasi E-Pasar Malang menjadi solusi yang praktis digunakan sehari-hari.

Pemkot Malang juga mengembangkan aplikasi E-SPPT. Aplikasi e-SPPT adalah aplikasi untuk mengetahui laporan, maupun tagihan pajak, sementara Simbah-E adalah sistem online yang memungkinkan warga menyewa fasilitas olahraga yang dikelola Pemkot Malang hanya melalui aplikasi.

6 dari 7 halaman

Kota Cirebon

penerima merdeka award 2022 kategori program inovasi digital

Pemerintah Kota Cirebon menghadirkan aplikasi I-Cirebon dan perpustakaan digital dengan fitur-fitur media sosial yang dapat terhubung dan berinteraksi dengan pengguna yang lain.

Cirebon juga mengembangkan aplikasi Wistakon (Wisata Kota Cirebon). Aplikasi ini merupakan bagian dari strategi Cirebon Smartcity, khususnya untuk membangun city branding. Di dalam aplikasi tersebut terdapat berbagai hal tentang pariwisata termasuk menampilkan agenda wisata yang ada di Kota Cirebon.

Kemudian ada juga aplikasi Cirebon lunga (Luru Lowongan Kerja). Salah satu program Smart City di Kota Cirebon. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan konektivitas antara kebutuhan pencari kerja dengan penyedia lapangan kerja.

Para pencari kerja bisa memasukkan data dirinya. Pencari kerja, juga bisa melihat lowongan pekerjaan dari setiap perusahaan yang terdaftar di aplikasi tersebut. Perusahaan penyedia lapangan kerja bisa melihat dan mengamati pencari kerja yang dibutuhkan sesuai data diri dan CV pencari kerja bersangkutan.

7 dari 7 halaman

Kota Banda Aceh

aceh

Pemkot Banda Aceh memberikan kemudahan masyarakat untuk mengakses pelayanan kependudukan, catatan sipil dan open data melalui smartphone melalui aplikasi SEKEJAP (Semua Kerja Jadi Siap). Aplikasi ini memudahkan karena bisa mengurus dokumen kependudukan tanpa perlu harus ke Dukcapil.

Kemudian untuk membayar pajak, Pemkot Banda Aceh juga membangun Sistem Informasi Layanan Perpajakan (Silakan). Aplikasi ini memungkinkan masyarakat dapat mengakses layanan terkait perpajakan tanpa harus datang ke unit pelayanan Badan Pengelolaan Keuangan Kota (BPKK).

Ada juga Aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SINAKER). Aplikasi ini untuk pencari kerja, pekerja dan perusahaan di Kota Banda Aceh karena memiliki sejumlah layanan ketenagakerjaan. Layanannya berupa informasi syarat-syarat pelayanan Disnaker, seperti Layanan Kartu Pencarian Kerja (AK1), BPJS, surat rekomendasi Usaha Bagi perorangan atau kelompok, layanan persyaratan kerja perusahaan dan layanan lainnya.

Dan untuk mempermudah masyarakat membuat Nomor Pokok Wajib Pajak Daerah (NPWPD), Pemkot Banda Aceh merancang Aplikasi e-NPWPD. Aplikasi tersebut akan diperkenalkan kepada publik pada awal oktober nanti. [fik]

Baca juga:
Saksikan Merdeka Awards 2022, Apresiasi untuk Inovasi
Saksikan Merdeka Awards 2022, Apresiasi untuk Inovasi
Saksikan Merdeka Award 2022 Inspirasi Indonesia 30 Juni 2022
Saksikan Merdeka Award 2022 Inspirasi Indonesia 30 Juni 2022
Sejumlah Petinggi Negara dan 400 Ribu Penonton Jadi Bagian Merdeka Awards 2021
Ini Penerima Merdeka Award Kategori Daerah dengan Kesetiakawanan yang Menginspirasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini