Penerbangan ke Sumatera dari Bandara Soekarno-Hatta ditunda

Senin, 3 November 2014 11:53 Reporter : Mitra Ramadhan
Penerbangan ke Sumatera dari Bandara Soekarno-Hatta ditunda Bandara Soekarno Hatta. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Sejumlah pesawat yang menuju Sumatera pagi tadi masih terparkir rapih di Terminal 1B Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Hal itu disebabkan pihak maskapai menunda penerbangan ke wilayah Sumatera karena dampak dari kabut asap kebakaran hutan.

Asap yang sangat pekat sangat mengganggu dan membahayakan bagi pesawat yang akan terbang dan mendarat. Sementara penerbangan yang akan berangkat menuju Bandara Sultan Thaha, Provinsi Jambi dan Bandara Sultan Mahmud, Kota Palembang mengalami penundaan berangkat satu sampai tiga jam. Mereka menunggu informasi yang pasti dari petugas Air Traffic Controler (ATC).

"Hingga saat pukul 08.00 WIB tadi pagi, maskapai yang melayani rute Jambi dan Palembang belum ada yang berangkat. Itu karena dampak kabut asap yang masih terjadi di wilayah tersebut," ujar Supriyadi Jaya petugas Officer In Charge (OIC) Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Senin (3/11).

Sedangkan kata dia, para penumpang masih menunggu di ruang keberangkatan. Tercatat pada OIC, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 0533, JT 0534 dan JT 0631 serta pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 0003 dan SJ 0951 yang seharusnya sudah terbang ke Jambi dan Palembang, hingga pukul 10.00 WIB belum juga ada tanda keberangkatan. Padahal seharusnya mereka terbang pukul 06.00 pagi tadi.

Sementara Sugiarti salah seorang calon penumpang tujuan Jambi mengatakan, ada sedikit rasa kekhawatiran terhadap penerbangan akibat kabut asap. "Tetapi tak ada informasi, mereka hanya menunda saja. Seharusnya memberikan informasi secara detail," terangnya. [hhw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini