Penemu CVR Lion Air JT610 Dijanjikan Dapat Penghargaan

Senin, 14 Januari 2019 16:12 Reporter : Nur Habibie
Penemu CVR Lion Air JT610 Dijanjikan Dapat Penghargaan CVR LION AIR JT-610. ©Istimewa

Merdeka.com - Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT610 berhasil ditemukan oleh penyelam komando pasukan katak (Kopaska) dan Dinas penyelam bawah air (Dislambair) I dari Tim Komando Armada (Koarmada) I. CVR tersebut berada di kedalaman 30 meter di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat.

Panglima Koarmada I Laksamana Muda Yodo Margono berjanji akan memberikan penghargaan kepada tim yang berhasil menemukan CVR ini. Namun perlu persetujuan dari markas pusat.

"Reward pasti ada, reward pasti ada, nanti kita akan laporkan kepada komando atas. Karena militer sehingga harus kita laporkan ke komando," tegasnya di KRI Spica, Senin (14/1)..

Dia menjelaskan, CVR ditemukan masih dalam tak jauh dari tempat pencarian dan penemuan FDR. Kurang lebih 10 meter dari ditemukannya FDR. Kendala penemuannya karena CVR berada di dalam lumpur.

"Karena sudah masuk ke dalam lumpur. Kalau yang lalu (pencarian) tidak begitu dalam masuk di dalam lumpur. Ini kan sudah masuk di dalam lumpur."

Anggota KNKT Ony Suryowibowo menjelaskan kondisi CVR yang akhirnya berhasil ditemukan. CVR sudah terlepas dari unit aslinya dan baterai ULB yang biasanya menempel pun sudah terlepas. Namun dia memastikan kondisi CVR masih relatif baik. Jika kondisinya masih bagus, Ony menyebut hanya butuh waktu satu jam untuk mendownload data.

"Kita akan coba nanti download di KNKT mudah-mudahan nanti di KNKT kita behasil untuk mendownload sehingga bisa kita sampaikan kepada masyarakat," ujar Ony.

Dia menceritakan tantangan dalam pencarian CVR. Salah satunya karena kondisi CVR dan baterai yang sudah terlepas dari unitnya. Sehingga sinyal dari CVR ini tidak maksimal. Termasuk bunyi Ping yang seharusnya masih terdengar hingga 90 hari.

"Ping-nya sebetulnya sampai 90 hari. Tetapi dengan terlepasnya ini barangkali sudah ada pelemahan pada baterai ULB nya sehingga itulah yang menyulitkan kita untuk mencari," ucapnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini