Pencari besi tua temukan Innova warna silver di dasar laut

Minggu, 12 Mei 2013 05:04 Reporter : Moch. Andriansyah
Pencari besi tua temukan Innova warna silver di dasar laut ilustrasi. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Petugas Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, menemukan mobil di dasar laut, tepatnya di perairan Pelabuhan PT Wilmar Nabati Indonesia (WNI) Kecamatan Kebomas, Sabtu (11/5).

Kepala Satpolair Polres Gresik AKP Bintara mengatakan penemuan mobil Toyota Innova itu berawal dari aktivitas pencari besi tua yang tergabung dalam Paguyuban Alam Lestari Laut Tradisional (Palaut) melakukan penyelaman mencari besi tua di dasar laut.

Pola pencarian besi, ujarnya, dengan menggunakan magnet untuk memancing besi tua yang tertinggal di dasar laut.

"Ketika magnet berada di perairan Pelabuhan PT WNI yang berkedalaman 30 meter, salah seorang pencari besi mengaku mengangkat benda berat, kemudian dilakukan penyelaman dan diketahui ada kontainer/petikemas di dasar laut," katanya.

Bintara mengatakan setelah dilakukan pengangkatan terhadap kontainer yang mempunyai ukuran berat 20 feet dari dasar laut, dan isi kontainer dibuka, terdapat mobil di dalamnya.

"Kami melakukan pengangkatan atau evakuasi dengan menggunakan "crane" atau alat berat untuk mengangkat kontainer beserta mobilnya dari dasar laut," katanya.

Sementara, salah seorang pencari besi tua, Roi Fadeli mengaku awalnya tidak menyangka bisa menemukan mobil di dasar laut di wilayah perairan Kabupaten Gresik, sebab sebelumnya tidak ada peristiwa kapal tenggelam atau mobil yang tercebur ke laut.

Ia menduga keberadaan kontainer yang berisi mobil di dasar laut itu adalah sisa kontainer dari peristiwa tenggelamnya kapal di perairan Surabaya, kemudian terbawa arus hingga ke perairan Gresik.

"Kemungkinan itu barang atau kontainer dari kapal yang tenggelam di wilayah perairan Surabaya, dan mobil yang ditemukan adalah jenis Toyota Innova dengan warna silver dan tahun pembuatan 2008," katanya. [has]

Topik berita Terkait:
  1. Kelautan
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini