Pencalonan Budi Gunawan 'korbankan' Jenderal doyan blusukan

Sabtu, 17 Januari 2015 09:29 Reporter : Rizky Andwika
Pencalonan Budi Gunawan 'korbankan' Jenderal doyan blusukan suhardi alius. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Komjen Budi Gunawan diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon tunggal penerus kepemimpinan Jenderal Sutarman sebagai Kapolri. Penunjukan Budi sebagai calon tunggal Kapolri memang menimbulkan polemik. Selain dituding memiliki rekening gendut, dia juga disebut 'titipan' dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Diketahui, Kepala Lembaga Pendidikan Polri itu dikenal akrab dengan Megawati karena pernah menjadi ajudannya selama 2001-2004. Atas hal ini pula, banyak pihak menuding Jokowi telah melakukan politisasi di tubuh Polri. Terlebih, Kabareskrim Komjen Suhardi Alius dicopot dari jabatannya dan harus terima dimutasi ke Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Jabatan Kabareskrim kini diserahkan kepada Irjen Budi Waseso yang dikenal akrab dengan Budi Gunawan. Mutasi ini cukup mengagetkan karena dilakukan secara mendadak. Apalagi bila dilihat dari rekam jejaknya, kinerja Akpol angkatan 85 ini patut diacungi jempol. Karirnya pun melesat meninggalkan teman seangkatan bahkan seniornya.

Pengamat Komunikasi Effendi Ghazali dan aktivis HAM Usman Hamid, juga mengaku kinerja tak biasa seorang Suhardi Alius. Mereka mengapresiasi bagaimana ketegasan Suhardi pada anak buahnya.

Bahkan, Usman menilai, gaya Suhardi sama seperti Jokowi yang doyan blusukan. Saat blusukan, Suhardi berpenampilan layaknya warga biasa. Dia hanya memakai sandal jepit, kaus dan celana jeans. Rupanya cara itu ampuh, para anggota tak mengenalinya. Diperlakukanlah Suhardi seenaknya.

"Kalau di pemerintahan daerah ada Jokowi, kalau di Polri ada Suhardi dengan tampilan low profile dan menyamar," puji Usman Hamid saat peluncuran buku Suhardi 'Mengubah Pelayanan Polri dari Pimpinan ke Bawahan' di Rumah Makan Ayam Banyuwangi, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Berikut kisah tentang Suhardi Alius yang dikenal sebagai Jenderal bersih dan gemar blusukan itu:

Baca Selanjutnya: Bintang tiga pertama di angkatan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini