Penanganan Corona, Jokowi Sebut Belum Ada Pemda Beda Kebijakan dengan Pusat

Rabu, 1 April 2020 14:46 Reporter : Merdeka
Penanganan Corona, Jokowi Sebut Belum Ada Pemda Beda Kebijakan dengan Pusat Jokowi ikut KTT Luar Biasa di Istana Bogor Secara Virtual Bahas Covid-19. ©2020 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan hingga kini belum ada daerah yang kebijakannya berbeda dengan pemerintah pusat dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19). Saat ini, pemerintah memutuskan menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Sampai saat ini belum ada yang berbeda dan kita harapkan tidak ada," ujar Jokowi saat meninjau RS Darurat Corona Pulau Galang Kepulauan Riau, Rabu (1/4).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengakui ada daerah yang membatasi pergerakan orang dengan menutup sebagian pintu masuk. Namun, dia menilai pembatasan itu masih wajar dilakukan kepala daerah.

"Bahwa ada pembatasan sosial, pembatasan lalu lintas, itu pembatasan-pembatasan wajar karena daerah ingin mengontrol daerahnya masing-masing," kata Jokowi.

Dia pun mengingatkan agar kepala daerah tidak membuat kebijakan besar demi menekan angka penyebaran corona. Misalnya, melakukan karantina wilayah dalam cakupan besar.

"Sekali lagi tidak dalam keputusan-keputusan besar. Misalnya karantina wilayah dalam cakupan gede, atau yang sering dipakai lockdown," tutur dia.

Menurut dia, yang terpenting masyarakat harus disiplin menjaga jarak aman dengan orang lain. Jokowi juga menekankan pentingnya mencuci tangan agar tak terpapar virus corona.

"Jadi kalau kita semua disiplin melakukan itu, jaga jarak aman, cuci tangan tiap habis kegiatan. Jangan pegang hidung mulut atau mata, kurangi itu, kunci tangan kita sehingga penularannya betul-betul bisa dicegah," ucapnya.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini