Penagih Utang Ibu Kombes Via Instagram Dituntut 2 Tahun Penjara

Selasa, 14 Juli 2020 20:32 Reporter : Yan Muhardiansyah
Penagih Utang Ibu Kombes Via Instagram Dituntut 2 Tahun Penjara Sidang terdakwa Febi Nur Amelia. ©2020 Merdeka.com/Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Sidang perkara pelanggaran UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan terdakwa Febi Nur Amelia (29) memasuki agenda tuntutan. Perempuan yang didakwa mencemarkan nama baik saat menagih utang melalui Instagram ini dituntut dengan hukuman 2 tahun penjara.

Tuntutan dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Randy Tambunan di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (14/7). Dia meminta agar majelis hakim yang diketuai Sri Wahyuni menyatakan Feby terbukti melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Menyatakan terdakwa Febi Nur Amelia telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik," sebut Randy.

"Dua, menjatuhkan pidana kepada terdakwa Febi Nur Amelia dengan pidana penjara selama 2 tahun," lanjutnya.

Setelah mendengar tuntutan JPU, majelis hakim meminta pendapat Febi. "Menurut saya kurang pas," kata perempuan yang tinggal di Kompleks Menteng Indah ini.

Hakim Sri Wahyuni menyatakan, ini masih tuntutan. Dia memberi kesempatan kepada terdakwa dan penasihat hukumnya untuk menyiapkan nota pembelaan yang dijadwalkan akan dibacakan dua pekan ke depan.

Dalam perkara ini, Feby diperkarakan Fitriani Manurung yang merasa telah dicemarkan nama baiknya karena disebut berutang di dalam postingan Instastory yang dibuat perempuan itu.

Baca Selanjutnya: Perkara ini berawal pada Selasa...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini