Pemprov Sumbar Antisipasi Penyebaran Covid-19 dari Perantau Mudik saat Idul Adha

Kamis, 2 Juli 2020 09:41 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Pemprov Sumbar Antisipasi Penyebaran Covid-19 dari Perantau Mudik saat Idul Adha mudik terminal kampung rambutan. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengantisipasi penyebaran Covid-19 dari kemungkinan adanya mudik perantau dari daerah itu untuk merayakan Idul Adha 1441 Hijriah. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan momentum Idul Fitri lalu, Sumbar berada dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehingga perantau tidak bisa mudik. Kemungkinan, Idul Adha akan dijadikan momentum untuk pulang dan bersilaturahim dengan keluarga.

"Kemungkinan perantau kita akan banyak pulang pada Idul Adha karena tidak bisa mudik saat Idul Fitri 1441 Hijriah. Kita antisipasi agar tidak ada penyebaran baru pada momentum ini," kata di Padang dilansir Antara, Rabu (1/7).

Dia menyebut perantau yang kesulitan ekonomi di negeri orang karena pandemi, diyakini juga akan pulang kampung, tinggal dan berusaha di kampung.

Irwan mengatakan upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi agar tidak ada klaster penyebaran baru adalah dengan melakukan pengawasan selektif pada jalur darat dan laut, sementara pintu udara semua yang datang dipastikan harus tes usap.

"Pengawasan selektif ini sudah kita mulai sejak 29 Juni 2020. Pada momentum Idul Adha tetap kita laksanakan," katanya.

Pengawasan selektif itu akan memeriksa penerapan protokol kesehatan dan pemeriksaan kesehatan secara random, tidak memberhentikan semua kendaraan seperti pembatasan selektif atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Tujuannya agar tetap ada penyaringan bahwa yang masuk Sumbar adalah orang yang diyakini sehat. Namun teknisnya tidak lagi seketat sebelumnya. Petugas yang disiagakan di perbatasan juga sudah dikurangi setidaknya setengah dari jumlah personil pada penerapan PSBB lalu.

Baca Selanjutnya: Sementara di Bandara pemeriksaan dilakukan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini