Pemkot Targetkan 2.000 UPZ Masjid dan Musala di Kota Tangerang

Senin, 25 Februari 2019 09:01 Reporter : Haris Kurniawan
Pemkot Targetkan 2.000 UPZ Masjid dan Musala di Kota Tangerang Sosialisasi UPZ di Kota Tangerang. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin memberikan arahan dalam Sosialisasi Pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Masjid dan musala se-Kota Tangerang yang dilaksanakan di Ruang Al-Amanah, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jum'at (22/2).

Dirinya menyampaikan, masjid dan musala kini tak hanya menjadi tempat ibadah semata tetapi juga bisa menjadi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang terukur dan sistematis.

"Masjid dan musala di era sekarang harus bisa berbenah tanpa mengubah akarnya. Zakat, infaq, dan sodaqoh semuanya bisa dilakukan di masjid dan musala," terang Wakil dalam sambutannya.

Sachrudin juga menyebutkan, nantinya setiap masjid dan musala Se-Kota Tangerang diwajibkan memiliki pengurus UPZ yang didukung dengan Aplikasi Pelaporan Zakat bekerjasama dengan Diskominfo Kota Tangerang.

"Aplikasinya nanti akan dibuat. Jadi setiap pengurus harus melaporkan berapa banyak zakat yang masuk, harus transparan," tegasnya lagi.

"Karena zakat ini nantinya adalah untuk masyarakat. Menanggulangi masalah kemiskinan, pendidikan, kesehatan, bahkan musibah seperti saat Tsunami di Selat Sunda, Baznas bisa mengumpulkan sampai 1 Milyar lebih," lanjutnya.

Senada dengan Wakil Wali Kota, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang KH. M. Aslieh Al-Khusaeri menjelaskan, target dari pembentukan UPZ di Kota Tangerang ialah 2.000 unit.

"Ini target dari Pak Wali Kota, tentunya kita berusaha semaksimal mungkin bagaimana perwakilan yang hadir hari ini bisa mewujudkan itu," ujar Aslieh.

Aslieh menambahkan saat ini masyarakat tak hanya memakmurkan lewat masjid, namun jemaahnya pun harus dimakmurkan lewat masjid.

"Kalau tadi kata Pak Wakil Wali Kota kita berhasil mengumpulkan dana untuk musibah tsunami sampai 1 Milyar lebih, apalagi nanti saat UPZ sudah terbentuk di tiap masjid dan musala, dana itu bisa kita pakai untuk kemakmuran umat," tukasnya.

Sebagai informasi, dalam acara ini diserahkan pula Surat Keputusan (SK) Unit Pengumpul Zakat secara simbolis bagi seluruh masjid dan musala se-Kota Tangerang. [hrs]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Berita Kota Tangerang
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini