Pemkot Tangsel Izinkan Salat Id Berjemaah di Masjid dan Tempat Terbuka

Senin, 10 Mei 2021 21:36 Reporter : Kirom
Pemkot Tangsel Izinkan Salat Id Berjemaah di Masjid dan Tempat Terbuka Gubernur DKI dan Wakil Gubernur Salat Idul Adha. ©2020 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Warga Kota Tangerang Selatan diizinkan menggelar Salat Id berjemaah di Masjid dan area terbuka dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal itu, berdasarkan hasil rapat Pemkot dan MUI Kota Tangsel, dalam rapat perayaan Idulfitri 1442 Hijriah, Senin 10 Mei 2021 di Balaikota Tangsel.

"Menyesuaikan pada surat Mendagri, berkaitan dengan pembatasan untuk pelaksanaan shalat idul fitri dan kegiatan kegiatan yang lain," kata Ketua I Bidang Hukum dan Fatwa MUI Kota Tangsel, Hasan Mustofi di Balai Kota Tangsel, Senin (10/5).

Dia menyebutkan, dengan pembatasan dimaksud adalah membatasi kuota jumlah jemaah, sebanyak 50 persen dari kapasitas masjid. Meski lebih disarankan agar panitia pelaksanaan Salat Id menggelar di lapangan atau ruang terbuka.

"Saran dari Kemenag memang menyarankan untuk dilaksanakan di luar (masjid). Karena sirkulasi udara kalau di (dalam) masjid walaupun 50 persen itu masih mengkhawatirkan. Tapi kalau di luar lebih relatif aman. Jadi dianjurkan selain masjid, diperkuat dengan tempat terbuka. Bisa di lapangan, di taman, atau di jalan juga enggak masalah," ujarnya.

Hasan mengingatkan warga muslim Tangsel untuk tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan saat menggelar Salat Id berjemaah.

"Jadi secara kelembagaan saya juga menyarankan kepada masyarakat Muslim umat Islam jadi lebih proaktif terhadap upaya-upaya menjaga stabilitas kesehatan secara menyeluruh. Berkaitan dengan penerapan prokes secara maksimal," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini