Pemkot Tangsel Akui TPA Cipeucang Sudah Melebihi Kapasitas

Sabtu, 23 Mei 2020 11:15 Reporter : Kirom
Pemkot Tangsel Akui TPA Cipeucang Sudah Melebihi Kapasitas Sampah di TPA Cipeucang Longsor ke Kali Cisadane. ©2020 Merdeka.com/Kirom

Merdeka.com - Daya tampung Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, diakui telah melebihi kapasitas diukur dari luas dan tinggi area.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang Selatan, mengaku juga seperti tak punya solusi lain, selain hanya akan mengandalkan operasional TPA Nambo di Kabupaten Bogor yang terkendala beroperasi di tahun ini.

"Harusnya di awal tahun 2020 ini sudah di sana, tapi (Nambo) belum siap. Apalagi ada corona seperti ini," ucap Sekretaris DLH Tangsel, Yepi Suherman, Sabtu (23/5/2020).

Menurut dia saat ini, dengan luas area landfill 2,5 hektar sudah sangat melebihi kapasitas muatan sampah.

"Luas keseluruhan kan 2,5 hektar. Kalau dihitung tinggi sekitar 16 meter dan itu sudah melebihi, sudah overload. Cuma kita juga bingung, karena yang akan dibuang ke Nambo Bogor belum beroperasi," kata dia.

Untuk itu, DLH Tangsel, mengaku tetap mengoptimalkan pelayanan sampah di TPA Cipeucang, sambil proses pembangunan landfill 3 oleh Pemerintah Pusat.

"Mau tidak mau mengupayakan dengan meratakan landfill, sambil menunggu pembanguna landfill 3 oleh pusat. Maka tiap hari 300 ton ke TPA," terangnya.

Dia mengaku, longsoran sampah di aliran Sungai Cisadane yang tumpah mencapai 100 ton.

"Lebih dari 50 ton atau 100 ton menutupi aliran sungai. Kita LH belom komunikasi dengan kota Tangerang," bilang dia.

Sebelumnya diberitakan, Gunung sampah di TPA Cipeucang tumpah menutupi hampir seluruh badan kali Cisadane, pada Jumat (22/5/2020) pagi kemarin.

Diduga tumpahan sampah di area bibir kali Cisadane itu, karena patahan sheet pile yang baru saja dibangun di akhir tahun 2019 lalu. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tanah Longsor
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini