Pemkot Tangerang terus tingkatkan kualitas jalan

Jumat, 24 Agustus 2018 10:58 Reporter : Syintia Samantha
Pemkot Tangerang terus tingkatkan kualitas jalan Perbaikan Infrastruktur di Kota Tangerang. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kota Tangerang setiap tahunnya telah melakukan perbaikan dan pembangunan puluhan ruas jalan yang tersebar di 104 Kelurahan. Perbaikan secara besar-besaran telah dilaksanakan Wali kota Tangerang Arief R Wismansyah sejak tahun 2014.

Di tahun awal menjabatnya tersebut, jalan lingkungan sebanyak 329 ruas atau 88.863 meter dilakukan pembangunan. Sedangkan untuk jalan Kota, sebanyak 134 ruas jalan atau 39.173 meter juga dilakukan peningkatan kualitasnya.

perbaikan infrastruktur di kota tangerang

Perbaikan Infrastruktur di Kota Tangerang ©2018 Merdeka.com

Wali kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, infrastruktur merupakan salah satu program dasar utama yang terus ditingkatkan setiap tahunnya. Ditargetkan, seluruh jalan - jalan memiliki kualitas yang baik. Memasuki tahun 2015, jumlah jalan lingkungan yang diperbaiki yakni mencapai 296 ruas atau 84.220 meter. Sementara untuk jalan Kota ada 90 ruas atau 42.968 meter. Seluruh peningkatan jalan tersebut dilakukan dengan sistem cor sehingga akan memiliki tahan lama.

Pemerintah Kota Tangerang pun melakukan pengawasan kepada seluruh kontraktor yang melakukan perbaikan jalan agar sesuai target. Pasalnya, jika tidak sesuai dengan ketentuan maka akan dicoret sebab Pemkot mengutamakan kualitas.

Memasuki tahun 2016, Pemerintah Kota Tangerang meluncurkan program Perjaka Gesit atau Perbaikan Jalan Kota Gerakan Sehari Tuntas sebagai percepatan pelayanan. Masyarakat yang menemukan jalan rusak maka bisa langsung berkoordinasi dengan petugas melalui layanan media sosial yang tersedia. Sedangkan untuk pelaksanaan pembangunan, telah dilakukan perbaikan jalan Kota sepanjang 11.982 meter atau 62 ruas. Lalu jalan lingkungan sepanjang 106.496 meter atau 401 ruas.

perbaikan infrastruktur di kota tangerang

Perbaikan Infrastruktur di Kota Tangerang ©2018 Merdeka.com


Wali kota mengatakan, animo masyarakat dengan adanya layanan Perjaka Gesit sangat positif. Banyak yang menggunakan layanan tersebut dan sangat membantu petugas. Namun, seiring waktu, pengawasan yang dilakukan pun menekan adanya laporan yang masuk sebab petugas lebih sigap dalam memperbaiki setiap kerusakan jalan.

Untuk jalan Nasional, Pemkot Tangerang pun melakukan koordinasi dengan Pemprov Banten maupun Kementerian PUPR agar bisa segera diatasi mengingat lalu lintas kendaraan di Kota Tangerang yang begitu padat.

Kemudian di tahun 2017, jumlah jalan kota yang dilakukan pembangunan mencapai 20 ruas atau 11.173 meter. Lalu untuk jalan lingkungan ada 301 ruas atau 83.338 meter. Adanya bantuan keuangan dari Provinsi DKI, jalan sisi mookervart pun dilakukan pembangunan dan bisa menjadi alternatif bagi pengendara. "Kami terus lakukan perbaikan dan peningkatan jalan hingga ke pemukiman warga. Secara bertahap, semua jalan akan kita tingkatkan kualitasnya," paparnya. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pembangunan Infrastruktur
  3. Tangerang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini