Pemkot Tangerang: 10 Hari Isolasi, Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Tak Perlu Swab Test

Kamis, 11 Februari 2021 21:03 Reporter : Kirom
Pemkot Tangerang: 10 Hari Isolasi, Pasien Covid-19 Tanpa Gejala Tak Perlu Swab Test rapid test antigen bagi calon penumpang dan kru bus. ©2021 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Pasien Terkonfirmasi Tanpa Gejala (KTG) tidak perlu kembali melakukan swab tes, setelah 10 hari menjalani isolasi mandiri untuk mengetahui tingkat kesembuhan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, pasien KTG yang melakukan isolasi mandiri tidak harus melakukan swab test kembali untuk mengkonfirmasi kesembuhan mereka atau status negatif Covid-19

"Jadi pedomannya itu KTG itu tidak swab kesembuhan, itu tidak ada. Jadi kita bilangnya dia selesai masa isolasi setelah 10 hari isolasi," katanya di Tangerang, Kamis (11/2).

Menurutnya, pasien KTG yang telah melakukan isolasi selama 10 hari bisa beraktivitas normal kembali tanpa dilakukan swab tes ulang. Hal itu, didasari dari hasil penelitian World Health Organization (WHO) yang menyatakan, jumlah virus dalam tenggorokan hanya sekitar 2 persen setelah mereka menjalani isolasi selama sembilan hari.

Namun, Liza memastikan, hal itu tidak berlaku bagi pasien Covid-19 dengan gejala. Bagi pasien bergejala, pemeriksaan status negatif diperlukan guna memastikan keberadaan virus tersebut di dalam tubuh pasien.

“Artinya angka penularannya menjadi sangat kecil. Kecuali dia bergejala, kalau bergejala tambah lagi isolasinya tiga hari,” ungkapnya.

Meski berstatus KTG, dia memastikan warga Kota Tangerang tidak melakukan isolasi mandiri di rumah. Sebab menurutnya, saat ini klaster keluarga masih cukup tinggi.

“Kebijakan wali kota adalah bahwa dia tidak boleh isolasi mandiri di rumah, karena Kalau pemerintah daerah sudah menguatkan pemprov untuk isolasi terkonsentrasi dibeberapa tempat” kata dia.

Sementara, berdasarkan data https://covid19.tangerangkota.go.id/ pada (11/2/2021) jumlah orang terkonfirmasi sebanyak 6.523 dengan jumlah orang sembuh sebanyak 6.056 dan 335 orang dalam perawatan serta 132 orang meninggal dunia. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini