Pemkot Solo Tunggu Sikap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Soal UMP 2021

Rabu, 28 Oktober 2020 12:27 Reporter : Arie Sunaryo
Pemkot Solo Tunggu Sikap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Soal UMP 2021 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Saat Menerima Kungker Komisi III DPR. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah melalui Menteri Ketenagakerjaan telah menetapkan upah minimum pada 2021 tidak naik atau sama dengan 2020. Hal tersebut tertulis dalam Surat Edaran Nomor M/11/HK.04/X/2020 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Solo Ariani mengatakan, pihaknya telah menerima surat edaran tersebut. Namun untuk pelaksanaannya Pemkot Solo menunggu sikap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Untuk pelaksanaannya kami masih menunggu langkah dari Pak Gubernur. Seperti apa dulu beliau menyikapi surat edaran tersebut. L Solo ini kan di bawah Pemprov Jawa Tengah" ujar Ariani, Rabu (28/10).

Ariani menyampaikan, Pemkot Solo telah menerima SE Menteri Ketenagakerjaan melalui aplikasi perpesanan WhatsApp. Sedangkan untuk SE asli belum diterimanya.

"Untuk yang asli kita belum menerima, mungkin surat edaran yang diterima itu dibawa ke Provinsi Jawa Tengah terlebih dahulu," katanya.

Pemkot Solo baru akan bersikap jika Gubernur sudah bersikap. Pihaknya akan melakukan langkah-langkah atau memberitahu perusahaan dan karyawan.

Ketua DPD Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 Jawa Tengah, Suharno menyayangkan kebijakan pemerintah tersebut. Menurutnya keputusan tidak menaikkan upah minimum di tahun 2022 adalah kebijakan sepihak. Ia menilai kemampuan perusahaan berbeda-beda seharusnya tidak dipukul rata semuanya.

"Sebenarnya kami bisa memahami situasi pandemi. Tapi ada perusahaan yang dalam kondisi pandemi Corona ini mampu menaikkan gaji karyawannya dan mendapatkan laba banyak," kilahnya.

Untuk itu dia mendesak pemerintah pusat dan daerah untuk membuka diri memberikan kesempatan pada buruh untuk berdiskusi soal ini. Dia menilai hal tersebut sangat penting karena buruh juga banyak yang terdampak Covid-19.

Baca Selanjutnya: Ganjar Tak Ingin Buru-Buru...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Upah Buruh
  3. Ganjar Pranowo
  4. Surakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini