Pemkot Solo Siapkan Hotel untuk Karantina Mandiri Pemudik

Senin, 3 Mei 2021 21:12 Reporter : Arie Sunaryo
Pemkot Solo Siapkan Hotel untuk Karantina Mandiri Pemudik Ruang Isolasi Corona. ©2020 Merdeka.com/klikdokter.com

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menyiapkan Hotel Ibis untuk karantina para pemudik. Mereka diizinkan isolasi dengan biaya sendiri. Sementara untuk pemudik yang tidak mampu, disiapkan kamar di Solo Techno Park (STP).

“Pemudik dapat memilih untuk menjalankan karantina di STP gratis ataupun di Hotel Ibis dengan biaya sendiri,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, Senin (3/5).

Ahyani mengungkapkan, Hotel Ibis mengajukan diri sebagai tempat karantina pemudik lebaran yang mampu secara ekonomi. Namun demikian, pihaknya tidak mewajibkan pemudik yang mampu untuk melakukan karantina di hotel.

"Hotel yang lain kalau mau ikut mengajukan diri boleh. Untuk sementara Ibis dulu, kapasitasnya sekitar seratusan. Semua hotel diberikan kesempatan untuk mengajukan diri. Itu nanti hanya dua Minggu kan," ujarnya.

Karantina mandiri di hotel, lanjut dia, menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Dimana pemudik tidak boleh dikunjungi oleh keluarganya.

"Karantina peraturannya sama, kalau mau difasilitasi Pemkot ya di STP. Kalau mau lebih nyaman ya di Hotel, dengan biaya sendiri. Dapat makan tiga kali sehari juga," tandasnya.

Sementara itu, hingga saat ini sedikitnya 542 pemudik sudah masuk Kota Solo. Jumlah tersebut dilaporkan dari petugas Jogo Tonggo. Menurut dia, para pemudik itu lolos pos skrining karena menunjukkan hasil negatif PCR. [fik]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini