Pemkot Solo Periksa Kesehatan Warga Terdampak Kebakaran TPA Putri Cempo

Selasa, 8 Oktober 2019 16:32 Reporter : Arie Sunaryo
Pemkot Solo Periksa Kesehatan Warga Terdampak Kebakaran TPA Putri Cempo Kebakaran di TPA Putri Cempo Solo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Hingga beberapa hari terakhir, kepulan asap tebal masih menyelimuti area sekitar TPA Putri Cempo, Solo. Pemkot Solo kesulitan untuk melakukan pemadaman akibat sulitnya medan di titik api sampah yang terbakar. Aktivitas pemulung dan hewan ternak di sekitar lokasi, juga menghalangi petugas memadamkan api.

Terkait dampak asap yang ditimbulkan, Pemkot Solo akan mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga Solo yang tinggal di sekitar TPA Putri Cempo, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres.

"Pemeriksaan kesehatan akan kita lakukan Rabu, besok pagi, bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Kami akan mengecek kondisi lapangan sekaligus melakukan pemeriksaan kesehatan," ujar Sekretariat Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Setyowati, Selasa (8/10).

Menurut dia, pemeriksaan kesehatan dilakukan karena asap masih terus mengepul sejak kebakaran pertama sekitar dua bulan lalu. Dengan pemeriksaan diharapkan akan diketahui keluhan yang dialami oleh warga. Kemudian, dikatakannya, akan ditentukan langkah penanganan selanjutnya.

Selain warga Mojosongo Solo, sekitar 2 ribu warga di Desa Plesungan, Karanganyar juga terdampak asap dari TPA Putri Cempo. Seperti Solo, dinas kesehatan setempat juga telah menerjunkan tim untuk melihat kondisi lapangan.

Kepala DKK Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo menyampaikan, Unit Pelaksana Teknis sudah diterjunkan ke lapangan. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk penanganan yang tepat.

"Kita nanti juga akan berkoordinasi dengan wilayah Solo, karena lokasi kebakarannya di sana," katanya.

Pihaknya mengimbau warga untuk beraktivitas di dalam rumah jika asap mulai datang. Jika memang diperlukan, warga juga diminta mengenakan masker. Terutama untuk balita, bila terus menerus bisa mengalami infeksi saluran pernapasan. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran
  2. Surakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini